Bahaya di Zona Kelabu

Pernahkah Anda menggunakan software dengan fasilitas crack-nya yang gratis dari internet. se-misal berasal dari website warez (bajakan), seperti Astalavista, UnderSearch dan NewWarez. Barangkali Anda pernah mengalami ketika menampilkan suatu website penyedia Cracks, tiba-tiba muncul sebuah window yang memperingatkan adanya spyware dengan nada alarm serta menyarankan instalalsi sebuah tool antivirus. Dalam pop-up-nya dijelaskan bahwa tool ini akan menyingkirkan spyware dengan andal dan Anda diminta untuk klik “OK”.

Tool ini tidak terlihat mencurigakan. Namun bagi pengguna yang mengenal seluk-beluk dunia cyber, dijamin mereka tidak akan meng-klik “OK”. Program semacam ini sebenarnya adalah sebuah rouge anti-spyware (anti spyware palsu). Program bukannya melindungi sistem, tetapi justru menginstalasi banyak malware. Sekali Anda mengklik “OK” maka program seakan-akan memberi peringatan kepada Anda adanya Trojan tertentu di dalam komputer, kemudian Anda diminta untuk men-download suatu program lagi dan menginstalasinya di komputer. Padahal sebenarnya tidak ada Trojan di komputer Anda.

Program yang Anda download tadi biasanya berupa software yang dapat melemahkan antivirus yang telah Anda pasang pada PC Anda, bila sudah melemah maka software akan menampilkan iklan, memata-matai hard disk, mencari nomor kartu kredit, pasword dan banyak data rahasia milik Anda. Pengguna yang terjebak tidak tahu bahwa data keuangannya telah diambil. Bisa saja tagihan kartu kredit di bulan depan melonjak.

Walaupun terdengar paradoks, program-program yang ditawarkan website penyedia crack bisa disebut sebagai malware yang “tidak berbahaya”, setidaknya ia masih bertanya kepada Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan klik “OK” dalam menginstalasi crack, tetapi sebenarnya malware ini sudah ada dalam database signature antivirus profesional milik Anda.

Bahaya yang ditimbulkannya bila Anda menginstalasi crack yang mengandung malware adalah komputer bisa menjadi sebuah bagian jaringan bot dan ikut menyebarkan program spam. Brwoser-hijack dapat meneruskan spam ke beberapa website dan spyware akan mengumpulkan data-datanya. Jalur lain dalam penyebaran malware yang paling menjanjikan adalah melalui copy bajakan. Copy bajakan memang lebih banyak ditemukan di website-website daripada melalui media data biasa, dari sana Vista, Photoshop atau semua program lainnya hanya tinggal klik.

loading...
loading...