E-book Reader - Buku Elektronik

Kindle 2: Amazon's New Wireless Reading Device (Latest Generation)

Perkembangan teknologi telah memberikan banyak inovasi yang mencengankan, tidak hanya jaringan sosial semacam Twitter, Friendster ataupun Facebook namun barang-barang berbentuk fisik pun mengalami evolusi yang sangat hebat.

Baru-baru ini Amazon meliris kembali produk e-Book Reader terbarunya yaitu Kindle 2 menyusul kesuksesan Kindle generasi pertama, hadir juga untuk merevolusi buku cetak yang telah sangat lama hadir menemani keberadaan manusia. Kindle adalah sebuah e-Book Reader atau yang secara sederhana bisa disebut sebagai buku elektronik, yang bisa terhubung langsung ke internet dan mengakses puluhan ribu judul buku digital serta berbagai koran dan majalah, baik baru maupun terbitan lama. Sebagai generasi terbaru e-Book Reader, memag masih terlalu dini untuk menilai kinerja gadget ini. Namun berhubung perusahaan yang mengeluarkan produk ini adalah Amazon, yang nota bene memang sudah sangat lekat dengan para penikmat buku, dengan situs penjual bukunya yang hebat itu, menjadikan Kindle memikat banyak pihak. Tidak hanya pembaca buku tetapi semua kompenen industri buku membicarakan produk ini. Ada yang pro dan ada yang kontra.


Pada kemunculan generasi pertama Kindle menawarkan satu produk yang sangat menjanjikan dengan dukungan kapasitas buku digital mencapai ribuan judul buku, akses pada koran serta majalah, blog serta internet. Ini merupakan revolusi teknologi yang sungguh-sungguh hebat. e-Book Reader ini diciptakan untuk menggandeng dua kelompok pembaca, mereka yang akbrab dengan teknologi internet serta para mereka yang hobi membaca.

Kindle dari segi bentuk, mobilitas seta fasilitas, produk ini jauh berada di atas buku konvensional. Keungulan Kindle lainnya tentu saja terletak dari banyaknya fasilitas akses on line yang dimilikinya. Bayangan Anda bisa mengakses buku terbitan lama, tentu saja dalam bentuk digital, yang versi cetaknya sudah tidak diproduksi lagi, dari sebuah cafe ditemani secangkir kopi hangat. Dan buku-buku digital seperti ini tidak hanya satu, melainkan ribuan. Belum lagi akses terhadap majalah serta koran dan tentunya saja blog. Disinilah letak keungulan produk-produk teknologi, mempermudah dan memperluas jaringan. Desain yang menyenangkan serta keyboard menambah kemudahan dalan berinternet ria.

E-Book Reader Kindle 2 keluaran Amazon ini dipatok dengan harga berkisar $359.00. Bila dikonversikan ke harga satuan buku yang disediakan oleh Kindle relatif bisa jauh lebih effisien dari buku cetak keluaran terbaru mengingat kemampuannya yang menyediakan ribuan judul.


Kehadiran produk-produk digital seperti ini di Indonesia memang ajaib, ditengah masalah kemiskinan yang tak pernah selesai, produk-produk canggih nan mahal seperti i-pod, Nokia Comunicator, laptop serta gadget-gadget lain bisa dibilang laris manis. Pertumbuhan konsumen elektronik semakin tinggi dimana hampir setiap yang memiliki HP dan hampir semua orang punya koleksi lagu pribadi di alat pemutar musik digital mereka.

Amazon nampaknya harus jauh lebih sabar, industri buku di Indonesia memang sedang dalam proses pembenahan. Sekalipun demikian kondisi industri buku beberapa tahun kebelakang disegarkan dengan munculnya banyak sekali penulis muda serta trend baca tulis yang makin masuk dalan generasi pop. Kehadiran Kindle serta e-Book Reader memang patut di sambut, terlebih karena inilah evolusi terbaru dari dunia buku. Setidaknya jawaban atas inovasi buku di Indonesia yang terus saja mandek, mungkin bisa terjawab dari sini. Konsumen internet Indonesia yang semakin bertumbuh, serta pengguna laptop, mobile phone berteknologi internet, serta warnet di sini ternyata cukup besar. Ini adalah peluang bagi buku digital. Apalagi dengan buku jenis ini distribusi bisa lebih dipangkas dan keamanan buku untuk tidak rusak bisa di maksimalkan.


Pada Kindle 2, Amazon masih mempertahankan fitur-fitur yang disukai pada generasi pertama. Bentuk body Kindle 2 sangat tipis, setebal sebuah pensil tapi dengan media penyimpanan yang besar, dapat memuat hingga ribuan judul. Adapun Spesifikasi datanya sebagai berikut :

  • Layar : 6″ diagonal E-Ink® electronic paper display, 600 x 800 pixel resolution at 167 ppi, 16-level gray scale.
  • Ukuran (dalam inchi):8″ x 5.3″ x 0.36″
  • Berat : 10.2 ons
  • Media simpan : 2GB internal (approximately 1.4GB available for user content).
  • Daya Tahan Batere : Read on a single charge for up to 4 days dengan mode wireless on. Mode wireless mati dapat membaca hingga dua minggu
  • Waktu isi batere : 4 jam, support USB Adadter untuk PC atau Mac
  • Audio :3.5mm stereo audio jack, rear-mounted stereo speakers.
  • Format yang disupport :Kindle (AZW), TXT, Audible (formats 4, Audible Enhanced (AAX)), MP3, unprotected MOBI, PRC natively; PDF, HTML, DOC, JPEG, GIF, PNG, BMP through conversion.
  • harga yang dipatok $359 atau sekitar 4 juta rupiah untuk kurs rate bulan februari 2009

Kindle 2 akan akan di rilis ke konsumen pada tanggal 24 Februari 2009 mendatang, tetapi bagi Anda yang berminat mulai sekarang Anda bisa melalukan pre order/pemesanan Dan Untuk keterangan lebih lengkap bisa berkunjung di Kindle 2: Amazon's New Wireless Reading Device (Latest Generation)

Selamat Menikmati Teknologi

loading...
loading...