Бронирование отелей на Hotellook

Berburu Tips 10 Manfaat Daun Pandan Yang Baik Bagi Kesehatan

daun pandan

Daun pandan adalah satu daun yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain sebagai pewarna makanan, daun pandan juga sebagai penyedap makanan yang sangat alami dan tidak berbahaya. Tapi tahukah jika manfaat pandan juga baik bagi kesehatan?

Rupanya ada manfaat baik yang dimiliki daun yang memiliki aroma khas ini. Daun pandan juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Penasaran bukan? Seperti dilansir idntimes.com, berikut 10 manfaat daun pandan. Bisa jadi setelah mengetahui uraian berikut, pandan bisa jadi buruan.

Daun Pandan Mengatasi Rematik

Daun pandan sudah lama dikenal sebagai daun yang bermanfaat. Salah satu manfaat besarnya adalah dapat mengatasi rematik pada manusia. Rematik menyerang beberapa anggota tubuh dan rasanya sangat menyakitkan.

Menambah Nafsu Makan

Manfaat pandan lainnya adalah dapat menambah nafsu makan. Selain bau harum khas pandan, daun ini juga sangat membuat makanan lebih sangat enak.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia. Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan cara meminum rebusan daun pandan yang kemudian diminum secara rutin setiap hari.

Penyegar Napas

Daun pandan merupakan salah satu bahan makanan yang dapat memberikan napas yang segar. Caranya yakni dengan cara daun pandan dikunyah.

Wasir dan Diare

Zat tannin di dalam pandan juga dapat menyembuhkan wasir dan diare. Daripada memakai yang berbahan kimia, mending memakai yang alami-alami seperti daun pandan bukan?

Menurunkan Demam

Daun pandan juga dapat menurunkan demam. Bagi yang sedang demam, lebih baik segera meredakannya dengan cara menyeduh daun pandan dengan air panas.

Daun Pandan Penyembuh Luka Bakar

Luka bakar dapat diobati dengan daun pandan. Hal ini karena kandungan zat tannin yang terdapat di dalamnya. Selain itu juga karena daun pandan lebih cepat memulihkan luka.

Anti Kanker

Zat flavonoid juga dapat membuat anti kanker. Selain dapat menyembuhkan kanker, zat tersebut juga sebagai anti oksidan. Zat yang sangat berguna untuk kesehatan.

Obat Penenang

Sebagai obat penenang, pandan sangat berguna untuk terapi diri.

Perawatan Rambut

Rambut adalah salah satu bagian dari tubuh yang harus dirawat. Tentunya rambut dapat dirawat dengan daun pandan pula.

loading...
loading...