WiMAX ( Worldwide Interoperability for Microwave Access )

WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA)
Adapun WiMAX sendiri ditujukan sebagai lanjutan HOT SPOT dan WiFi. Fungsinya sendiri mirip dengan WiFi tetapi memiliki kelebihan berupa jarak dan jangkauan yang lebih luas.
Bagi pengguna jasa HOT SPOT yang sering menggunakannya seperti di kedai kopi ( coffe shop ), Mall..ataupun tempat lainnya,sekarang bisa lebih berbahagia karena munculnya WiMAX.
Kecanggihan WiMAX akan seperti WiFi didukung tidak hanya dengan membuat akses, tapi juga menghubungkan perangkat ( chip WiMAX ) dengan perangkat lainnya. Chip WiMAX sendiri ditaruh ( built in ) on net book dan bersifat nomadik ( Para pengguna tetap dapat melakukan akses internet walaupun harus berpindah tempat ).
Begitu jaringan WiMAX tersedia, layaknya handphone, maka produsen komputer komputer di Indonesia, katanya juga siap meluncurkan perangkat terbaru yang mendukung WiFi dan WiMAX itu sendiri.
Penempatan chip WiMAX jelasnya tidak semata ditempatkan pada komputer tetapi juga dapat merambah perangkat lainnya. Perangkat seperti personal HoT SPOT merupakan perpaduan kecepatan antara WiMAX dan WiFi. Dngan perangkat yang bentuknya dan ukurannya hanya sebesar kotak rokok, si pengguna seolah memiliki HoT SPOT pribadi.
Perangkat berbasis WiFi ,seperti pemutar musik ( Music Player ) dapat bekerja secara ON - LINE. Mengunggah musik LegaL ( resmi ) semudah memalikkan telapak tangan.
Demikian juga untuk tambahan INFORMASI : Kamera yang memiliki cHip WiMAX atau WiFi, untuk semua gambar yang direkam bisa dapat secara langsung ( directly ) diberikan lokasi yang berbasis GPS dan diunggah ke jejaring (situs ) sosial.
Tahun 2009 kemaren menurut kabar ada sebuah taksi yang sudah memiliki fasilitas WiMAX sehingga penumpang yang membawa laptop bisamengakses intenrtdari dalam taksi tersebut, dan bagi penumpang yang menggunakan fasilitas GPS dapat membuka PETA JALAN, melihat Informasi lokasi tujuan, atau lokasi yang dilewati.
Alangkah canggihnya teknologi kita sekarang ini. semua terasa dalam genggaman. Pernahkah terbayangkan, Indonesia tidak mau kalah dengan negara negara maju seperti Amerika dalam bidang informasi dan teknologi, jika Indonesia saja sudah semaju sekarang, bagaimana Amerika sendiri dibidang yang sama...."SULIT TERBAYANGKAN"
Sekali kali bicara teknologi,..entah ketinggalan ataupun tidak, yang jelas, ingin berbagi dengan semuanya, dan semoga berguna untuk semua blogger.
ingin mengetahui WiMAX lebih dalam, bisa baca di http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX
Semoga bermanfaat....
loading...
loading...