Bagian I. Pengenalan Dan Pengertian PHP

PENGENALAN PHP

Apa sih PHP itu ? Mungkin itu pertanyaan yang ada di benak kita saat mendengar kata PHP. PHP merupakan script yang menyatu dengan HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scripting). Dengan PHP ini kita dapat membuat beragam aplikasi berbasis web, mulai dari halaman web yang sederhana sampai aplikasi komplek yang membutuhkan koneksi ke database.

Sampai saat ini telah banyak database yang telah didukung oleh PHP dan kemungkinan akan terus bertambah. Database tersebut adalah : dBase, DBM, FilePro, mSQL, MySQL, ODBC, Oracle, Postgres, Sybase, Velocis. Selain itu PHP juga mendukung koneksi dengan protokol IMAP, SNMP, NNTP dan POP3.

PENGERTIAN PHP

PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Preprocessor", yang merupakan sebuah bahasa cripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintak mirip dengan bahasaC, Java dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik. Tujuan utama penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan kita dalam merancang web serta dapat menulis halaman web dinamik dengan cepat.


  1. Program php harus diterjemahkan oleh web-server sehingga menghasilkan kode html yang dikirim ke browser agar dapat ditampilkan. Program ini dapat berdiri sendiri ataupun disisipkan diantara kode-kode html sehingga dapa tlangsung ditampilkanbersamadengankode-kode html tersebut
  2. File html yang telah dibubuhi program php harus digant iekstensi-nya menjadi .php3 atau.php.
  3. PHP pertamakali di buat oleh Rasmus Lerdroft, seorang programmer C.
  4. Tujuan dari bahasa scripting ini adalah untuk membuat aplikasi-aplikasi yang dijalankan di atas teknologi web. Dalamhal ini, aplikasi pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser, tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan web server.
  5. Kekuatan yang paling utama PHP adalah ada konektivitasnya dengan system database di dalam web. Sistem database yang dapat didukung oleh PHP adalah: Oracle, MySQL, Sybase, PostgreSQL, dan lainnya
  6. PHP dapat berjalan diberbagai system operasi seperti windows 98/NT, UNIX/LINUX, solaris maupun macintosh.

YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENJALANKAN PHP

Untuk dapat menjalankan PHP kita membutuhkan sebuah web server. Anda yang pake Linux dapat menggunakan Apache (www.apache.org) sebagai web servernya. Anda pemakai Windows 98 paling enak menggunakan Personal Web Server (sama2 produk Microsot, keuntungannya bisa sekalian buat belajar PHP juga bisa belajar ASP). Web server Xitami (www.imatix.com) dapat digunakan apabila Kita menggunakan Windows NT.


Sedangkan PHP-nya sendiri dapat Kita download dari www.php.net. Perhatikan bahwa PHP yang Kita download sesuai dengan sistem operasi komputer Kita (Linux atau Windows).

loading...
loading...