Cara Membuat Formulir Feedback yang Cantik Dengan Kombinasi Flash dan PHP

Anda mengunjungi sebuah situs yang menawarkan jasa desain Web. Situs ini seluruhnya dibangun menggunakan Flash. Karena terpesona dengan keindahan situs, Anda kemudian tertarik untuk menyewa jasa si pemilik situs mendesain ulang situs perusahaan Anda. Namun Anda sedikit kecewa ketika mengklik link bertuliskan 'Hubungi Kami' yang ternyata hanya berisi beberapa baris alamat email. Anda kemudian berpikir, tentu akan lebih memudahkan seandainya di situs tersebut juga disediakan form isian bagi pengunjung yang tertarik menghubungi pemilik situs tanpa harus terlebih dahulu membuka Outlook Express atau program email lainnya.

Catatan ini akan memberikan gambaran umum untuk membuat situs flashy mahakarya Anda menjadi lebih user friendly dengan bantuan PHP, dengan mengambil contoh kasus mengirim email via Web.

Flash dan PHP

Flash adalah teknologi Web yang dikembangkan oleh perusahaan software terkenal, Macromedia, yang memungkinkan Anda membuat situs penuh gambar, suara, dan animasi yang semuanya terkemas dalam satu paket. Ini berarti, dengan Flash situs Anda akan mampu menawarkan informasi yang lebih padat serta lebih atraktif dengan tetap mempertahankan ukuran file yang kecil.

Seperti halnya file HTML, file SWF yang disimpan di server bersifat statis, dikirim ke client ketika ada permintaan tanpa ada eksekusi apapun di sisi server. Hal ini menyebabkan isi Flash tidak dapat dikostumisasi sesuai dengan keinginan user, serta tidak mampu berhubungan dengan modul-modul eksternal lain seperti mailserver misalnya. Di sinilah bahasa pemrograman sisi server seperti PHP mengisi kekosongan tersebut.

Skenario Pengiriman Email

Cara Membuat Formulir Feedback yang Cantik Dengan Kombinasi Flash dan PHP

Perhatikan Gambar di atas, html1 adalah file HTML yang di dalamnya ditaruh form Flash; di sini pemakai memasukkan nama lengkap, alamat email, dan pesan yang ingin dikirim. Kemudian ketika disubmit isian tersebut akan dikirim ke skrip PHP yang melakukan koneksi ke mailserver dan memerintahkan mailserver untuk mengirim pesan ke alamat tertentu, yang dalam kasus kita di atas adalah alamat email si pemilik situs. Setelah selesai, PHP akan melakukan redirect ke halaman html2 yang juga berisi swf untuk memberikan respon kepada pemakai atas kiriman emailnya, biasanya cukup berisi ucapan terimakasih. Perhatikan bahwa user hanya diberikan tampilan yang semuanya dalam bentuk Flash, sehingga situs flashy Anda tidak terganggu dengan mekanisme pengiriman email ini.

Membuat Form Flash

Cara Membuat Formulir Feedback yang Cantik Dengan Kombinasi Flash dan PHP Sekarang Perhatikan Gambar di samping ini  untuk melihat form Flash yang akan kita buat untuk ditaruh di html1. Terdapat tiga field masukan di sana disertai sebuah tombol Kirim.

Bukalah Macromedia Flash 5. Pada stage yang baru, buat sebuah teks dengan memilih Text Tool pada panel Tools. Lalu ubah tipe dan bentuk tampilan teks tersebut pada menu pop up di panel Text Options masing-masing ke pilihan Input Text dan Single Line seperti terlihat pada Gambar di bawah ini.

Cara Membuat Formulir Feedback yang Cantik Dengan Kombinasi Flash dan PHP

Bagi Anda yang sudah akrab dengan HTML, apa yang baru saja kita lakukan kurang lebih serupa dengan kode HTML berikut:

<input type="text" name="namaPengirim" maxlength="25">

Ulangi langkah di atas untuk field masukan emailPengirim, kemudian hal yang sama untuk field masukan pesanPengirim hanya saja dengan mengubah bentuk tampilan menjadi Multiline. Lagi-lagi hal ini kurang lebih serupa dengan kode HTML berikut:

<textarea name="pesanPengirim"></textarea>

Setelah field masukan selesai dibuat, maka berikutnya adalah membuat tombol submit. Ada banyak cara dan variasi untuk membuat tombol ini, namun yang paling sederhana adalah dengan membuat sendiri menggunakan Rectangle Tool pada panel Tools lalu mengkonversinya menjadi simbol menggunakan Insert > Convert To Symbol dan pilih Button pada kotak dialog.

Setelah itu kita set action dari tombol tersebut, dengan cara mengklik kanan pada tombol yang baru saja dibuat lalu pilih Action. Lalu pada toolbox di sebelah kiri, pilih kategori Action lalu klik dua kali pilihan getURL. Pada kotak parameter di bagian bawah, isikan alamat URL dari file PHP yang akan Anda gunakan, pada contoh ini adalah http://localhost/mwmag/mail/mail.php. Isian Window dan Variables masing-masing adalah _self dan Send using POST. Lihat Gambar di bawah ini.

Cara Membuat Formulir Feedback yang Cantik Dengan Kombinasi Flash dan PHP

Hal ini serupa dengan kode berikut di HTML:

<form method="POST" action="http://localhost/mwmag/mail/mail.php"
target="_self">

Dengan demikian, form telah siap digunakan. Berikutnya Anda tinggal menambahkan teks untuk menerangkan tiap field isian, dan beri sedikit sentuhan artistik sesuai kreasi Anda. Setelah itu simpan file tersebut dengan nama mail.fla, kemudian tekan Ctrl - Enter untuk membuat file dalam format .swf. Berikutnya, dengan menggunakan editor HTML favorit Anda, sisipkan file .swf tersebut dalam file HTML dan beri nama mail.html.

Fungsi mail() di PHP

Fungsi di PHP yang akan kita pakai untuk mengirim email adalah mail(). Sintaksnya seperti dijelaskan dalam manual PHP adalah seperti berikut:

bool mail($to, $subject, $message [,$additional_headers]);

Parameter masukan pertama, $to, menunjukkan alamat email tujuan, sementara parameter $subject dan $message masing-masing menyatakan subjek dan isi email yang dikirim. Adapun parameter masukan terakhir, $additional_headers, dapat digunakan untuk menyertakan header tambahan pada email yang dikirim, seperti alamat email pengirim (From), tembusan (Cc), dsb. Tiap header diakhiri dengan newline, \n.

Secara default, fungsi mail()memanggil program sendmail. Jika Anda menggunakan Windows, maka Anda perlu menambahkan baris berikut pada file konfigurasi php.ini:

SMTP = localhost ; for win32 only
sendmail_from = me@localhost.com ; for win32 only

Mengirim Email dengan PHP

Dari form yang telah kita buat di atas, kita telah mendapatkan tiga buah variabel yang dibutuhkan: $namaPengirim, $emailPengirim, dan $pesanPengirim. Selanjutnya kita tinggal membuat skrip seperti di Listing 1.

<?php
  if (($namaPengirim == "") || ($emailPengirim == "") ||
     ($pesanPengirim == ""))
  {
    header("Location: http://localhost/mwmag/mail/mail.html");
    exit;
  }
  $to      = "Eris Ristemena <ristemena@mwmag.com>"; // pemilik situs
  $from    = "$namaPengirim <$emailPengirim>";
  $subject = "Saya tertarik dengan hasil karya anda";
  $message = $pesanPengirim;
  mail($to, $subject, $message, "From :$from");
  header("Location: http://localhost/mwmag/mail/terimakasih.html");
?>

Perhatikan pengecekan dalam baris if. Baris tersebut akan mengarahkan kembali pemakai ke halaman form Flash jika ada isian yang belum lengkap. Selesai mengirim email, user akan dilempar ke halaman terima kasih.

Kini akseslah halaman html1 Anda yang berisi form Flash. Saksikan bagaimana Flash dan PHP bekerja sama membuat situs flashy Anda lebih mempesona.

Selamat Mencoba

 

loading...
loading...