Kumpulan Situs Sumber Belajar PHP

Kumpulan Situs Sumber Belajar PHP

Kumpulan Situs Sumber Belajar PHP Situs Resmi
www.php.net. Situs resmi PHP. Di sini Anda dapat mendownload rilis PHP terbaru, mendownload / membaca manual online, serta melihat berita terbaru seputar PHP.  Ada beberapa fitur menarik di situs ini, misalnya: ingin mengetahui dokumentasi fungsi PHP mail()? www.php.net/mail.

Selain situs utama ini, terdapat pula conf.php.net, yang menyimpan arsip slide presentasi di berbagai seminar internasional seputar PHP; dan lists.php.net, arsip milis.

www.zend.com. Situs Zend Technologies, Ltd., perusahaan yang didirikan Zeev Suraski, salah seorang pengembang inti PHP3, Zend engine, dan PHP4. zend.com cukup banyak dipenuhi resource, mulai dari artikel-artikel tutorial, studi kasus, gudang kode, juga komunitas. Amat disarankan membaca artikel Top 21 PHP Programming Mistakes jika belum pernah. Produk-produk Zend yang gratis, seperti Zend Optimizer, dapat didownload di situs sini.

Kedua situs ini, tentu saja, dibangun dengan PHP.

Situs Komunitas dan Situs Lain
www.phpbuilder.com, yang didirikan Tim Perdue (salah satu pengembang sourceforge.net) sampai saat ini bisa dibilang menjadi situs komunitas PHP terbesar dan teramai.

php.weblogs.com adalah muara blog para anggotanya. Sering muncul artikel PHP yang menarik di sini, selain itu terdapat juga direktori resource PHP.

Berkat popularitas PHP, kita pun dapat menjumpai ratusan—bila tidak ribuan—situs yang didedikasikan untuk bahasa pemrograman yang satu ini. Beberapa yang direkomendasikan: www.devshed.com, banyak membahas PHP dan MySQL. www.oreillynet.com memiliki seksi bernama LAMP, yang membahas Linux, Apache, MySQL, dan PHP.

Direktori PHP yang terpopuler antara lain www.hotscripts.com. Jumlah resource PHP hampir menyusul Perl! Untuk kode-kode sampel, selain www.weberdev.com, lihat juga PHP Code Exchange, px.sklar.com.

php.faqts.com berisi daftar FAQ yang dilontarkan oleh pengunjung dan dijawab pengunjung lain. Kami mengambil daftar pertanyaan dan jawaban ini dan menaruhnya di CD.

Situs khusus PHP berbahasa Indonesia, tercatat hanya ada www.phpindo.com oleh Eka Budi Mahardhika dan phpklik.dhs.org oleh Idban Secandri. Tapi untuk artikel-artikel dan kode PHP Anda dapat mengunjungi www.webmaster.or.id oleh Muhammad Syukri, Majalah Web Indonesia (www.majalah.web.id) oleh sekelompok programer Web, dan www.linuxindonesia.com oleh Richard Tirtadji. Sebagian portal yang disebutkan di sini dibuat dengan PHP-Nuke, sebuah sistem portal PHP yang amat popular.

Forum dan Milis
Milis resmi pengguna PHP adalah php-general@lists.php.net. Hati-hati, trafiknya amat tinggi (>100 posting/hari). Selain milis ini, php.net juga menghost php-dev@lists.php.net, milis untuk para pengembang core PHP; php-pear; php-gtk; dan beberapa milis lain. Anda bisa melihat arsip milis-milis ini di lists.php.net.

Milis PHP berbahasa Indonesia yang anggotanya cukup banyak ada dua: phpug@yahoogroups.com dan php-mania@yahoogroups.com.

Majalah dan Buku
Meski amat popular, belum ada majalah yang eksklusif untuk PHP. Tapi artikel yang membahas PHP ada di mana-mana. Rasanya tidak akan sulit Anda jumpai baik di Linux Journal (www.lj.com), Web Techniques (www.webtechniques.com), maupun Dr. Dobbs Journal (www.ddj.com). Untuk majalah lokal, silakan melihat Infolinux (www.infolinux.web.id).

Karena referensi online yang ada di php.net sudah cukup bagus, maka untuk buku disarankan Anda membeli yang bersifat tutorial, studi kasus, atau topik-topik lanjutan seperti pembangunan situs/aplikasi berskala besar. Buku seperti PHP Pocket Reference atau PHP Functions Essential Reference bisa Anda lewat, kecuali ada dana lebih untuk dibelanjakan. Yang perlu dibeli karena berguna sebagai referensi praktis barangkali PHP Developer’s Cookbook oleh Sterling Hughes dan Andrei Zmievski, diterbitkan oleh Sams. Buku ini boleh dibilang seasyik Perl Cookbook-nya O’Reilly.

Untuk tutorial bagi pemula, Anda bisa membaca. Bagi programer menengah–lanjut, bisa mencoba Web Application Development with PHP4. Buku karangan Tobias Ratschiller ini membahas topik-topik seperti sekuritas, XML, database, CVS, dan desain software. Di belakang buku terdapat bab mengenai cara membuat extension PHP4. Atau, kalau ingin yang mencakup pemula–menengah, terdapat Professional PHP Programming terbitan Wrox. Buku ini banyak dipakai di Indonesia, berisi beberapa contoh aplikasi nyata. Untuk yang menggunakan, buku PHP and MySQL Web Development cukup bagus (namun typesettingnya kurang baik karena ada beberapa kesalahan ketik).
Rasmus Lerdorf, Bapak PHP, juga mengarang buku berjudul Programming PHP yang akan diterbitkan 2002.

Software
Zend Technologies Ltd. memproduksi software-software komersial untuk menambah kegunaan PHP. Antara lain Zend Accelerator (dulu Zend Cache) untuk mempercepat respon dan meningkatkan efisiensi, karena skrip PHP yang telah direquest sebelumnya akan disimpan tanpa perlu dikompile ulang. Lalu ada Zend Encoder untuk “mengkompile” kode PHP Anda sulit di-reverse engineer. Jangan harap Anda bisa beli sendiri secara pribadi produk-produk ini, harganya mahal-mahal.

Untuk cache, ada beberapa alternatif, yang paling terkenal adalah APC (Alternative PHP Cache, apc.communityconnect.com). Ada juga BWare Cache dari Italia (bwcache.bware.it). Kedua software ini gratis.

Untuk encoder, sayangnya, belum ada alternatif. Ada yang membuat pbc (PHP Bytecode Compiler, pbc.sourceforge.net), tapi belum/tidak menyediakan encodernya. Di Windows ada yang membuat PHPCompiler, tapi sebetulnya program ini hanya melakukan overlay: mengemas interpreter PHP dan skrip PHP kita di belakangnya menjadi satu file executable. Lagipula proyeknya sudah tidak aktif.

Tersedia beberapa program debugger, antara lain DBG (dd.cron.ru/dbg/), body (members.ozemail.com.au/~djf01/), juga produk debugger dari Zend. Silakan dicoba sendiri, apakah Anda cocok ??? !!

Bagaimana dengan IDE/? Zend pun membuat produk ini, tapi yang kami sertakan di CD ada tiga. Pertama, QaDRAM (www.visualphpstudio.com, dibuat dengan Delphi) dan kedua PHPEd (soysal.free.fr/PHPEd/).  Keduanya untuk Windows. Untuk Linux silakan mencoba K PHP Develop, kphpdev.sourceforge.net.

Beberapa Artikel yang Menarik Dibaca
Perbandingan bahasa
. Perbandingan dan perang bahasa berserakan di Web. Berikut hanya segelintir di antaranya. PHP vs Cold Fusion: php.weblogs.com/php_vs_cold_fusion. Vs Perl: php.weblogs.com/php_versus_perl. Vs ASP: php.weblogs.com/php_vs_asp dan php.weblogs.com/php_asp_7_reasons. Vs Java: www.zend.com/zend/art/php-over-java.php. Semua ini dilontarkan dari sisi pro-PHP, dan tentu saja belum seimbang kalau Anda belum membaca juga pendapat dari sisi lain, mis: milis modperl, groups.yahoo.com/group/modperl; PHP vs JSP, media.unisa.edu.au/know/view-entry.asp?Title=PHP+vs+Java.

Wawancara. Dengan Rasmus, Andi, Zeev, Stig, Sascha, dkk: www.linuxpower.com/display.php?id=149. Dengan Rasmus: web.oreilly.com/news/lerdorf_0200.html. Ingin dengar Rasmus berbicara? www.technetcast.com/tnc_play_stream.html?stream_id=324.

Software Bamboomedia IT-313 Koneksi PHP MySql Software

Bamboomedia IT-313 Koneksi PHP MySql Software

PHP adalah Bahasa Scripting paling populer di web saat ini. Sebagian besar website di dunia memakai bahasa ini (PHP). Database MySQL juga dikenal sebagai database yang cepat, ringan dan powerful. Pada CD belajar ini akan ditunjukkan bagaimana belajar PHP secara simpel dengan bantuan Dreamweaver dan menghubungkan aplikasi Web Anda dengan database MYSQL secara cepat, praktis, tanpa kerumitan melalui fasilitas tersembunyi di Dreamweaver.

Anda akan belajar dengan kasus dan contoh nyata, yaitu membuat website untuk jasa perjalanan wisata (tour dan travel) sederhana dengan fasilitas reservasi, halaman contact, halaman berita, daftar produk dinamis dan halaman administrasi untuk insert data edit/update, dan hapus data. Dengan teknis yang sama, Anda bisa membangun situs dinamis yang lain. Tersedia juga contoh file situs yang sudah jadi dan file bantuan lain seperti file desain yang masih kosong untuk belajar, panduan untuk bahasa PHP dan file-file lain
 
loading...
loading...