Point Penting Free Web Hosting ?

Seacara umum, bila Anda baru membuat website, maka akan terpikir untuk menggunakan webhosting dan khususnya untuk tahap awal yang baru mengenal dunia webhosting dan webhosting gratis dengan segala konsep daya tarik dari masing-masing penyedia layanan web hosting gratis tersebut adalah merupakan pilihan utama. Harus dipahami bahwa, web hosting yang berbayar tentunya memiliki pelayanan yang lebih baik dibandingkan dengan web hosting yang gratisan.

 

Fasilitas free web hosting  cocok untuk digunakan buat homepage pribadi dan jenis situs web lainnya yang tidak tergantung pada iklan atau untuk meraih pendapatan lewat situs web. Bila ingin membangun situs web yang ditujukan untuk bisnis atau make money online, penjualan online atau ingin web profesional maka layanan hosting berbayar sangat ideal untuk web bisnis. Anda mungkin bertanya dan sedang mencari host yang tepat untuk website Anda dan kemudian Anda berpikir, "mengapa saya harus membayar untuk web hosting ketika saya bisa mendapatkan secara gratis untuk situs Web saya?"

 

Pemilihan web hosting tergantung pada jenis situs web yang Anda rencanakan. Tetapi sebagai pemahaman awal tentang pemilihan free web hosting, berikut disampaikan beberapa poin yang menyangkut free web hosting:

  • Secara umum dalam free web hosting mengalami masalah dengan downtime free web host. Karena Anda tidak membayar untuk layanan ini, penyedia layanan hosting gratis kurang merasa “berkewajiban” untuk memberikan layanan yang baik. Dalam free web hosting provider tidak benar-benar memberi nilai tambah bagi pelanggan, karena mereka merasa bahwa situs web Anda tidak benar-benar bermanfaat bagi mereka. Oleh karena itu, penyedia layanan web hosting gratis tidak memperhatikan pengguna jika Anda merasa tidak puas dengan layanan ini.
  • Free advertisement: Dalam sebuah layanan web hosting gratis, Anda akan diganggu oleh tampilan iklan secara konsisten yang barangkali Anda tidak menginginkan semua iklan tampil di halaman web site Anda. Bahkan Anda mungkin akan melihat pop up banner secepat Anda klik link dll. Anda hampir tidak dapat melakukan apa-apa tentang situasi ini karena hampir semua free web hosting gratis mengandalkan iklan agar sebagai biaya operasionalnya. Jadi, Anda harus sadar dan mengerti akan fakta ini.
  • Dukungan pelanggan sangat tidak memadai: Sebagian besar dari penyedia layanan free web hosting tidak bisa untuk memberikan dukungan fasilitas untuk pelanggan penggunanya. Dalam kasus tersebut, maka Anda sangat membutuhkan dan bergantung pada halaman FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan). FAQ yang ada dapat dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul.
  • Ruang hard disk yang terbatas: Pikirkan dua kali sebelum anda memilih untuk free web hosting. Jika situs Web Anda yang cukup besar, maka Anda mungkin mengalami permasalahan ruang hard disk yang cukup terbatas. Seperti dimaklumi biasanya free web hosting hanya dapat memberikan ruang hard disk sekitar 5 hingga 10 MB. Anda akan mengalami kesulitan ketika website Anda ini terus berkembang dan Anda berpikir untuk “mengembangkan” situs Web Anda di luar ruang hard disk yang dialokasikan.
  • Nama Domain Panjang: Beberapa free web hosting, pelanggan tidak boleh menggunakan nama-nama sendiri. Bagi pengguna yang memilih free web hosting diminta untuk memilih sub domain di bagian nama host. Dengan demikian, Anda memiliki nama domain yang panjang.

Ya..begitulah beberapa point yang perlu dipertimbangkan oleh Anda, agar bila sewaktu-waktu muncul permasalahan atas pelayanan free web hostinf. Anda siap dan menyadari atas resiko pilihan dalam menggunakan free web hosting.

loading...
loading...