Faktor Utama dalam Membeli Laptop

Harga laptop semakin turun, laptop murah nan menawan bukan berarti laptop bagus. pastikan laptop yang Anda beli memenuhi semua kebutuhan komputasi Anda dengan melihat faktor-faktor berikut sebelum melakukan pembelian :

Operating System

Sebagian besar laptop yang dijual di toko-toko perlengkapan kantor dan toko electronic besar sudah diisi dengan operating system Microsoft. Membeli Computer yang dipasang Windows Home XP atau Vista Home Basic bukan merupakan persoalan, paling tidak pertama-tamanya. Dalam banyak hal, malah terlihat menguntungkan. Mengapa Anda harus membayar lebih untuk edisi bisnis jika yang perlu Anda lakukan adalah menulis documen, mengolah angka-angka (spreadsheet), mengirim dan menerima e–mail dan menggunakan internet ?. oleh karena itu kenali akan kebutuhan dan setelah ketemu maka pada waktu membeli laptop menawan, pastikan sudah diisi dengan operating system yang akan dapat memenuhi semua kebutuhan komputasi Anda tersebut.

CPU

Computer-Toshiba Satellite A305-S6908 15.4-Inch LaptopPada waktu memilih Computer portable alias jenis laptop, belilah model CPU yang disesuaikan untuk komputasi mobile. Jika tidak, Anda bisa berakhir dengan laptop yang membutuhkan waktu 5 sampai 7 menit untuk masuk ke dalam Windows, pemakaian bateri yang singkat dan tidak bisa menjalankan aplikasi yang Anda gunakan.

CPU Intel Core 2 Duo mempunyai performa yang sangat baik. Selain tenaga pemrosesan yang sangat besar, chip ini juga menggunakan energi yang lebih sedikit (sehingga penggunaan bateri bisa lebih lama) dan mengeluarkan panas yang lebih sedikit dibandingkan CPU Pentium sebelumnya. Laptop yang menggunakan chip ini (2.0 Hz dan lebih tinggi) bisa memenuhi semua kebutuhan komputasi untuk tiga sampai empat tahun ke depan.

RAM

Laptop yang dikeluarkan terakhir oleh produsen kebanyakan menggunakan atau mempunyai RAM 1 GB. RAM sebesar 1 GB ini memang sudah lebih dari cukup bila yang Anda butuhkan untuk operating system Windows XP tetapi biasanya pas-pasan untuk operating system Windows Vista secara lancar. Bila Anda ingin menggunakan laptop dengan menjalankan aplikasi di dalamnya secara simultan dengan Windows Vista sebaiknya isi laptop dengan RAM 2 GB. RAM sebesar ini akan nyaman Anda gunakan dalam menjalankan beberapa aplikasi sambil office sambil surfing di internet dan mengecek e-mail. Untuk mengedit foto digital atau memainkan game pada operating system Vista, sungguh RAM 2 GB sangat nyaman.

Video Card

Performa grafis pada jenis Computer laptop terkenal buruk. Pada waktu membeli laptop, pilihlah model video card yang paling sedikit mempunyai RAM onboard 128 MB, Jika Anda ingin menjalankan aplikasi teknik dan penggambaran, produksi video atau games, maka Anda harus upgrade ke video card dengan RAM 256 MB

Port

Laptop ekonomis seringkali hanya mempunyai sepasang port USB, tanpa port serial, paralel atau DVI dan hanya satu port VGA. Tetapi jika port video memang ada pada waktu membeli laptop, lihalah spesifikasi teknisnya dan pastikan port yang dibutuhkan ada. Sebagian besar laptop sekarang sudah dilengkapi dengan NIC, mereka tidak selalu punya slot PC Card, jadi itu juga faktor lain yang Anda harus pertimbangkan pada waktu hendak membeli laptop.

Ukuran Monitor

Pikirkanlah terlebih dahulu bagaimana nanti Anda akan menggunakan laptop. jika laptop nanti akan sering dibawa bepergian, menyimpannya ke tas pelindung, membawanya ke bandara, memasukkannya ke mesin pengawas barang, membawanya ke ruang pertemuan dan menentengnya ke manapun Anda pergi akan sangat susah jika layar monitornya berukuran besar. Tentunya model monitor dengan ukuran 12 inci lebih mudah dibawa bepergian ke dalam pesawat dll. Karena lebih ringan dan jika diperlukan Anda bisa memadukannya dengan monitor ukuran 22 inci di meja Anda.

Wireless Terintegrasi

Computer-Toshiba Satellite A305-S6908 15.4-Inch Laptop

Hampir sudah menjadi standar bahwa laptop yang dipasarkan sekarang ini sudah dipasangi kartu wireless (WiFi) 802.11g, Namun ini bukan sesuatu keharusan dan tidak semua model mempunyainya. Pastikan laptop yang Anda beli mempunyai teknologi WiFi yang Anda butuhkan, bacalah spesifikasinya secara seksama untuk memastikan model yang Anda beli menyediakan konektivitas wireless yang dibutuhkan.

Bluetooth Terintegrasi

Dulu teknologi ini dianggap barang mewah, tetapi seiring dengan kebutuhan manusia teknologi bluetooth juga semakin penting pada waktu hendak menghubungkan perangkat handheld ke laptop. Dengan teknologi ini Anda bisa menyinkaronisasi kontack, e-mail,kalender dan task ponsel ke laptop secara wireless. teknologi bluetooth juga dapat digunakan untuk menghubungkan mouse wireless ke laptop

Touch Pad

Hampir semua laptop dilengkapi dengan touch pad dan tombol klik-nya. Cobalah model yang ingin Anda beli untuk memastikan touch pad-nya nyaman saat digunakan.

Pemakaian Bateri

Biasanya bateri laptop di-upgrade dari enam atau sembilan sel ke 12 sel. bateri yang lebih besar bisa bertahan lebih lama dan hal ini merupakan faktor penting bagi mereka yang berpergian melalui udara. Perlu diketahui bahwa sel bateri yang lebih besar sering kali membuat ukuran bateri jadi lebih menonjol. Dengan kata lain, bateri bisa mengurangi estetika laptop. Bagaimanapun, tidak ada yang pernah mengatakan bahwa fungsionalitas tidak ada harganya.

Selamat Membeli Laptop.

loading...
loading...