Optimalisai Pembuatan Search Engine dengan Google Co-Op

Membuat search engine sendiri yang sesuai dengan keinginan dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan Google Co-Op yang merupakan salah satu services yang disediakan oleh keluarga besar google dan mulai dioperasionalkan pada tahun 2006. Sebagaimana fungsi search engine google yang telah dikenal, yaitu untuk melakukan pencarian berdasarkan kata kunci, begitu juga google Co-Op juga merupakan search engine serupa, tetapi dengan penambahan fiture yang lebih luas dimana diharapkan google Co-Op dapat memberikan pilihan terbaik sesuai keinginan penggunanya.

 

Secara garis besar terdapat tiga services pada platform google Co-Op, yaitu : Custom Search Engine, Subscribed Links dan Topics.

 

Google-Coop

 

Custom Search Engine memungkinkan pengguna menciptakan search engine mereka sendiri, sementara Subscribed Links adalah hasil dari subscribed yang dilakukan pengguna secara manual, setiap pengguna diizinkan untuk membuat subscribed links yang baru. Sedangkan Topics merupakan area khusus pencarian yang dapat dikembangkan oleh pengguna yang memiliki pengetahuan mengenai suatu subyek atau topik.

 

Contoh ilustrasi penggunaan google Co-Op adalah sebagai berikut : misalnya Anda seorang dokter spesialis dengan memiliki keahlian khusus pada penyakit tertentu, Anda dapat melakukan kontribusi dengan menggunakan label untuk menandai seluruh website yang diketahui memiliki informasi yang baik mengenai hal tersebut. Disisi yang lain, pasien, dokter lain atau pengguna google Co-Op lainnya dapat melakukan subscribed pada Anda dan memperoleh keuntungan dari keahlian Anda.

 

Anda dapat berpartisipasi dalam berbagai topik yang telah tersedia, tidak hanya pada topik kesehatan (Health) tetapi juga topik Destination Guide, Autos, Computer Games, Photography, Home Theater dan lain sebagainya. Topik kesehatan sendiri telah banyak memiliki kontributor antara lain adalah National Library of Medicine, Centers for Disease Control and Prevetion, Harvard Medical School, Mayo Clinic dan sebagainya dimana masih akan terus berkembang, demikian juga dengan topik-topik lainnya.

 

Bagaimana jika topik yang Anda inginkan tidak tersedia? Anda dapat memulai topik tersebut dengan membuat topik baru yang belum pernah ada. Langkah-langkah untuk memberikan label, memulai topik baru dan seterusnya dapat langsung Anda lakukan pada website google Co-Op dengan panduan dan contoh-contoh yang telah disediakan.

 

Kalau Anda berminat silahkan untuk berkunjung ke Google Co-Op

loading...
loading...