Kronologis Hadirnya Webrowser

1989

Lou Montulli, Garrett Blythe, Craig Lavender, Michael Grobe dan Charles Rezac di Academic Computing Services, University of Kansas, mulai membuat web browser yang diberi nama, Lynx. Browser berbasis teks dan pengembangannya dilakukan melalui berbagai macam uji coba. Sebelumnya, user dalam sebuah network hanya dapat mengakses file secara remote di server lain dengan menggunakan gopher yang dikembangkan di University of Minnesotta dan belum mengenal browser untuk mengakses suatu halaman web. Pengembangan Lynx sendiri diinspirasi dari ide Herb Harris, Assistant Director of User Services dari kampus Univesity of Kansas yang menginginkan adanya suatu system informasi dalam lingkungan kampus, “campus wide information system” (CWIS).

Jun–Okt 1993

National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di University of Illinois, memulai suatu proyek web browser software berbasis GUI pertama yang diberi nama Mosaic. Proyek ini dipimpin oleh Joseph Hardin yang memimpin Mosaic Team yang beranggotakan 12 orang. Browser ini mula-mula dibuat untuk platform UNIX, kemudian juga untuk Macintosh dan Windows. Beberapa versi percobaan untuk diuji secara internal oleh NCSA antara lain 0.1a, 0.2a, 0.3a, 0.4a, 0.5a dan 0.6b dan 0.7b.

Nov 1993

NCSA secara resmi merilis Mosaic Browser 1.0 sebagai browser GUI pertama setelah beberapa kali mengeluarkan versi pre-release. Lisensi source code browser ini dipegang oleh Spyglass (cabang komersil dari NCSA untuk proyek Mosaic). Pada saat itu teknologi HTML telah mencapai HTML 2.0, namun belum ada dukungan untuk HTML 2.0 sama sekali pada rilis pertama Mosaic.

Jan–Apr 1994

NCSA merilis versi alfa 1 Mosaic 2 (Mosaic 2.0a1) yang merupakan browser pertama yang mendukung elemen FORM pada HTML, berselang satu bulan kemudian, NCSA merilis Mosaic 2.0a2 yang menambah dukungan untuk TEXTAREA. Pada bulan April merilis Mosaic 2.0a3 yang mendukung elemen STRONG dan EM.

Jun–Agu 1994

Pendiri Silicon Graphics, Jim Clark bekerja sama dengan Marc Andreessen mendirikan Mossaic Communications yang kemudian diganti namanya menjadi Netscape Communications. Andreessen baru saja lulus dari University of Illinois dan terlibat dalam Mosaic Project. Jim dan Marc melihat potensi software untuk menjselajah web berbasis GUI ini sangat besar. Dalam waktu singkat orang-orang yang terlibat dalam proyek Mosaic bergabung dengan Netscape untuk membuat web browser baru yang bersifat komersil.

Okt–Des 1994

Netscape memulai kiprahnya di dunia web browser GUI dengan merilis versi beta 1 dari produknya yang diberi nama “Netscape Navigator” (Selanjutnya disebut NN). Pada versi percobaan ini semua elemen dasar HTML 2.0 dan beberapa funsi dasar HTML 3.0 telah didukung. Bulan Desember, NCSA merilis Mosaic 2.0a8 yang mendukung HTML 3.0, elemen TABLE, dan beberapa elemen CSS setelah beberapa kali melemparkan versi alfa pada lingkungan internal untuk uji coba. Pada bulan ini juga Netscape untuk pertama kali merilis NN 1.0 Final Release. Sementara itu di Norwegia, dua orang pegawai Telenor (Perusahaan Telekomunikasi Norwegia), Jon S. von Tetzchner dan Geir Ivars√ły membuat Web Browser untuk intranet perusahaan tersebut. Web browser inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Opera Web Browser.

Mar–Apr 1995

Netscape mengeluarkan versi beta untuk NN 1.1 yang mendukung format tabel di HTML dan beberapa atribut lain sementara dalam bulan Maret itu juga, NCSA mengeluarkan Mosaic 2.0b1 yang mendukung button dan XMP. Bulan April Netscape merilis NN 1.1 Final Release sedangkan NCSA merilis Mosaic 2.0b4 yang mendukung elemen heading (H3, H2, H1) dan paragraf (P). Netscape berhasil memperoleh keuntungan yang luar biasa. Dengan menguasai lebih dari 80% pasar browser dunia, saat itu hampir dapat dipastikan bahwa di setiap user mengakses Internet menggunakan Netscape Navigator.

Juni-Juli 1995

Netscape merilis NN 1.2B yang mengupdate interfacenya untuk Windows 95, sebuah OS fenomenal yang baru dirilis Microsoft dan satu bulan kemudian merilis NN 1.2 Final Release. Mosaic 2.0B Final dirilis untuk untuk menambah dukungan extension yang kurang pada Netscape 1.1 yaitu pada elemen BODY, HR dan CENTER.

Agu 1995

Microsoft masuk menyemarakkan pasar browser GUI dengan browsernya yang dirilis dengan nama Internet Explorer 1.0. Source code asli browser ini merupakan modifikasi dari source code Mosaic yang dipegang lisensinya oleh Spyglass. Versi ini disertakan di dalam paket Windows 95 Plus.

Okt–Des 1995

Akhrirnya Mosaic 2.0 Final Release dilempar ke pasar setelah lebih dari satu tahun NSCA hanya mengeluarkan versi-versi alfa dan beta. Pada versi final ini, Mosaic menambah dukungan untuk HTML 2.0 termasuk banyak style dari virtual character, elemen BASE dan SOUND seperti BGSOUND pada Microsoft IE. Netscape merilis NN 2.0b1 yang menambah elemen-elemen HTML 3.0, frame dan Java. Microsoft tidak mau ketinggalan dengan mengeluarkan IE 2.0 Beta Release yang menambah dukungan untuk TABLE dan beberapa elemen baru HTML. Di bulan November, Microsoft merilis IE 2.0 Final Release, satu bulan kemudian Netscape mengeluarkan NN 2.0B3 yang menambah kemampuan browsernya untuk memroses Javascript. Di Oslo, Norwegia, Telenor mengizinkan Jon von Tetzchner dan Geir Ivarsoy untuk meneruskan pembuatan browser mereka sendiri yang kemudian mereka namakan Opera Browser. Opera ditulis dari awal, tidak diambil dari source code Mosaic oleh NCSA seperti halnya Netscape Navigator dan MS Internet Explorer. Opera versi 1.0 dan 2.0 tidak pernah dirilis ke publik.

Jan–Mar 1996

Mosaic 2.1 dirilis. Versi ini merupakan versi update untuk mendukung client-side image map. Pada bulan Maret, Netscape meluncurkan NN 2.0 yang cukup fenomenal saat itu. Dunia browsing diperkenalkan kepada Javascript, frame dan teknologi plug-in. Tampaknya pada saat itu sulit untuk menyaingi Netscape dalam teknologi web browser. Microsoft sendiri mencoba rilis alfa untuk IE 3.0 yang mendukung spesifikasi tabel HTML, frame dan beberapa elemen HTML tambahan.

Apr–Okt 1996

Periode ini merupakan periode perang browser, di mana masing-masing berusaha merebut pasar dengan inovasi-inovasi baru dan banyak melempar versi terbaru ke pasar. Netscape merilis NN 3.0b yang diberi nama Atlas. Pada versi ini, Netscape menambah banyak plug-ins baru dan mendukung warna background pada tabel HTML. Di bulan yang sama Mosaic 3.0b1 juga dirilis terbatas hanya untuk platform Macintosh, namun merupakan preview versi 3.0 untuk platform-platform lain. Di bulan Mei, Microsoft merilis IE 3.0b1 yang mendukung scripting untuk Java dan VB. Microsoft juga menambah beberapa elemen HTML yang belum ada pada versi alfa. Pada bulan Juli, Microsoft melanjutkan browsernya ke beta 2 yang menambah dukungan pada CSS dan Java applet. Di bulan yang sama, Netscape merilis NN 3.0 B5 di mana versi ini menambah dukungan untuk underline text, frame border, font face, layout kolom MULTICOL dan SPACER. Microsoft akhirnya secara resmi merilis IE 3.0 pada bulan Agustus, sedangkan Netscape masih dengan beta 7 yang menambah elemen ARCHIVE dan APPLET. Pada bulan September, Mosaic masih memilih platform Macintosh untuk memperbaiki bug pada versi-versi beta sebelumnya dengan merilis Mosaic 3.0B3 dan 3.0B4. Opera mulai mencoba beberapa beta dari versi 2.1 (b1 dan b2). Satu bulan kemudian Microsoft langsung mengeluarkan versi update untuk versi 3.0 yaitu versi IE 3.01 yang memperbaiki bug pada margin style sheet, sedangkan Netscape akhirnya merilis NN 3.0 Final Release yang tidak menambah elemen HTML baru, hanya menambah fungsi Javascript dan memperbaiki security bug. Pada bulan Oktober, KDE Project didirikan di Jerman dan berkomitmen untuk membuat software gratis dan open source, termasuk browser. Targetnya adalah mengembangkan aplikasi-aplikasi GUI dan enhanced IDE untuk platform Unix/Linux.

Nov–Des 1996

Opera mencoba beta 3 untuk versi 2.1 yang menambah elemen frame HTML. Di bulan Desember untuk pertama kalinya Opera Browser 2.1 diperkenalkan kepada publik untuk berbagai platform. Netscape merilis NN 4.0b1 yang merupakan preview release yang kemudian diberi nama “Netscape Communicator”. Pada versi ini terdapat tambahan elemen LAYER yang memungkinkan penempatan obyek secara presisi pada dokumen HTML.

Jan–Mei 1997

Mosaic 3.0 Final dirilis. Kali ini NSCA merilis Mosaic untuk semua platform, tidak cuma untuk Macintosh. Perubahan yang cukup signifikan pada versi ini adalah pada fungsi nested tables. Setelah merilis versi ini, NCSA memutuskan untuk menghentikan proyek ini dan beralih ke proyek lain. Opera kembali mencoba membuat rilis 2.12 untuk kalangan terbatas pada bulan Februari. Netscape juga mencoba beta 2 Netscape Communicator yang menambah dukungan in-line LAYER dan CSS/Javascript. Opera mendapat penghargaan dari sebuah Majalah Komputer di Swedia. Di bulan April, Microsoft merilis beta 1 untuk IE 4.0 setelah beberapa bulan absen merilis versi terbaru. Versi ini merupakan update besar terhadap versi sebelumnya dengan menambah Microsoft’s Document Object Model dan beberapa atribut baru. Persaingan makin ketat, Netscape mengeluarkan beta 3 untuk versi 4.0 yang menambah kecanggihan browsernya dalam dukungan terhadap CSS diikuti dengan beta 4 dan 5 di bulan Mei. Beta 4 hanya dirilis untuk Intel PC sedangkan beta 5 untuk juga jenis-jenis komputer lainnya dan menambah teknologi Netcaster.

Jun–Des 1997

Netscape masih terus bereksperimen dengan browsernya. Hingga bulan Juni, telah merilis versi percobaan hingga NN 4.08 namun setelah itu Netscape menemui kesulitan untuk mengembangkan browsernya dan tidak merilis satu versipun untuk beberapa saat. Sementara Microsoft juga mempersiapkan versi 4.0-nya dengan matang, pada bulan Juli sempat mencoba preview release 2. Terdapat banyak tambahan pada dukungan terhadap CSS, elemen HTML dan lain-lain. Opera merilis 11 beta dalam periode 4 bulan dari September hingga Desember untuk versi 3.0 yang menambah dukungan untuk Javascript, SSL dan plug-in. Pada bulan Oktober, Microsoft merilis browser mutakhirnya, IE 4.0 Final yang merupakan lompatan jauh untuk menyaingi rival utamanya, Netscape. Untuk pertama kalinya Microsoft berhasil menyamai kemampuan browser saingannya, sekaligus melampauinya. Hanya satu bulan, Microsoft kembali merilis updatenya, yaitu IE 4.01. Di penghujung tahun, Opera akhirnya merilis versi final dari Opera 3.0.

Jan–Jun 1998

Secara mengejutkan Netscape mengumumkan untuk memberikan source codenya secara gratis di Internet kemudian dimulailah sebuah proyek browser Open Source yang diberi nama Mozilla pada bulan April, sementara Opera terus memperbaiki kemampuan browsernya untuk dapat bersaing dengan dua besar, IE dan NN dengan merilis versi-versi update secara terbatas (versi 3.1, 3.20 dan 3.21). Pada bulan Juni, Microsoft yang tampaknya masih belum puas dengan keberhasilannya, merilis IE 5.0 beta 1 yang dikenal sebagai Developer Preview yang mendukung CSS2. Pada musim panas tahun ini juga, KDevelop Project, yang kemudian membuat browser Konqueror yang terintegrasi didalam environment KDE, salah satu desktop environment pada platform Unix/Linux, didirikan oleh 3 orang programer Jerman yang kemudian berkembang menjadi 7 orang dan tim penerjemah sejumlah 50 orang. KDE semakin mengembangkan sayapnya dengan proyek yang kemudian melibatkan ratusan programer dari seluruh dunia yang secara sukarela membuat aplikasi open source untuk desktop environmentnya.

Jul–Des 1998

Opera merilis 10 versi beta dalam dari bulan Juli hingga Oktober yang menambah kemampuan untuk upload file, CSS yang lengkap, fungsionalitas Java dan plug-in. Dari Jerman, KDE merilis desktop environment bersi 1.0-nya yang didalamnya terdapat Konqueror browser. Pada awalnya Konqueror lebih bersifat window explorer yang ditambah sedikit kemampuan merender dokumen HTML. Pada bulan November, Opera merilis versi 3.5 secara resmi sedangkan Netscape, setelah sekian lama menghilang, akhirnya merilis Netscape Communicator. Tidak ada feature baru, kecuali elemen OBJECT, tambahan dukungan untuk CSS dan perbaikan security bug. Pada bulan November ini pula Netscape diakuisisi oleh AOL, ISP terbesar di Amerika dan memutuskan untuk menggabungkan layout rendering engine terbarunya ke proyek open source, Mozilla. Microsoft melanjutkan beta 2 dari IE 5.0 yang dikenal sebagai Public Preview. Ada feature baru seperti bi-directional text, rubies, Direct XML/XSL dan banyak properties CSS baru. Bulan Desember, Opera segera merilis versi update untuk 3.5 yang dinamai 3.51.

Feb–Des 1999

KDE kembali merilis update desktop environmentnya, versi 1.1. Satu bulan kemudian, setelah ditunggu-tunggu, Microsoft akhirnya merilis IE 5.0 versi Final dan semakin merajai pasar browser dunia. Menurut banyak survei yang diadakan, sejak Microsoft merilis IE 4.0, sekitar 60% pasar browser dikuasainya dan meninggalkan Netscape di tempat kedua, yaitu 30% dan 10% browser-browser lain. Bulan Mei, KDE 1.1.1 dirilis, kemudian versi 1.1.2 menyusul di bulan September. Pada bulan Juni, Opera Software mengeluarkan Opera 3.6 (update release) dan kemudian kembali dengan Opera 3.61 yang merupakan versi update pada bulan November. Di penghujung milenium kedua, Microsoft mengeluarkan IE 5.5 beta yang dikenal sebagai Developer Preview. Perubahan-perubahan yang ditambah adalah pada implementasi frame dan beberapa properti CSS. KDE merilis versi 1.89.

Jan–Jul 2000

Mozilla berhasil mencapai M13 (milestone, istilah untuk capaian tahap software development dalam proyek Mozilla) yang dianggap sebagai rilis alfa pertama, sementara Netscape sendiri kembali mengambil ancang-ancang untuk membuat Netscape/AOL Browser 6.0. Bulan Maret, Opera 4.0 beta 1 dirilis, setelah cukup lama ditunggu. Pada versi ini Opera mendukung sebagian besar CSS2, seluruh komponen CSS1, HTML 4.0, XML dan WML. Beta 2 hingga beta 4 dirilis hingga bulan Mei sebelum akhirnya merilis versi akhirnya pada bulan Juni. Setelah meluncurkan Opera 4.0 for Windows, Opera Software mengklaim berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta download pada situsnya. Pada bulan Juli, Microsoft merilis secara resmi IE 5.5, sementara itu KDE dalam 3 bulan berturut-turut, Mei hingga Juli menrilis 3 versi : 1.90 (KDE 2 beta 1), 1.91 (KDE 2 beta 2) dan 1.92 (KDE 2 beta 3).

Agu–Des 2000

Netscape/AOL merilis beta 2 dan 3 dari browser versi 6.0-nya yang menggabungkan hasil kerja dari M17 dan M18 proyek Mozilla sebelum akhirnya merilis Netscape 6.0 Final yang merupakan hasil kerja dari proyek Mozilla versi 0.6 pada bulan November. KDE meirilis versi 1.93 (KDE 2 beta 4), 1.94 (KDE 2 beta 5) pada bulan September dan akhirnya pada bulan Oktober secara resmi merilis KDE 2.0. Satu bulan kemudian, Opera Software merilis versi Opera version 5.0 for Windows yang bebas dari sponsor dan lebih dari 2 juta user dari seluruh dunia mendownloadnya dalam bulan pertama. Di tahun ini Opera memang cukup fenomenal dan berhasil mendapat perhatian dunia atas keberhasilannya bekerja sama dengan IBM, AMD, Ericsson, Psion, Qualcomm, PalmPalm dan Screen Media, Opera juga kemudian dibuat untuk platform Linux, EPOC dan BeOS. KDE kembali dengan versi update, 2.0.1 dan 2.1 beta 1.

Jan–Jul 2001

KDE merilis versi 2.1 beta 2, kemudian di bulan Februari KDE merilis KDE 2.1. Berdasarkan Mozilla 0.61, Netscape merilis update untuk browsernya versi 6.01, kemudian di bulan Maret, KDE merilis versi update, KDE 2.1.1, sedangkan Microsoft merilis versi beta untuk IE 6.0 yang menambah dukungan terhadap CSS dan memperbaiki bug. Versi Finalnya direncanakan untuk dirilis bersama dengan OS terbaru dari Microsoft yaitu Windows XP. Opera merilis 2 update pada bulan April, versi 5.1 dan versi 5.12 pada bulan Juli. Di bulan Juni, Netscape kembali merilis pre-release untuk versi 6.1.

Agu–Des 2001

Netscape 6.1 dirilis. Versi ini merupakan update berdasarkan Mozilla 0.9.2 dan merupakan versi yang lebih cepat dan stabil daripada versi 6.0. KDE merilis versi 2.2. Satu bulan kemudian, kembali Netscape merilis update, Netscape 6.2, berdasarkan Mozilla 0.9.4 dan KDE merilis versi update, KDE 2.2.1. Microsoft merilis secara resmi Windows XP dan IE 6.0. Opera Software merilis Opera 6.0 pada bulan November yang mempunyai kemampuan rendering yang sangat progresif dan juga terdapat banyak perubahan pada user interface-nya. Di bulan yang sama, KDE kembali merilis versi 2.2.2.

Jan–Apr 2002

Bulan Februari lalu, Opera sempat merilis versi update, Opera 6.01, sementara Netscape merilis versi update, Netscape 6.2.2. Mozilla sendiri hingga bulan April telah mencapai milestone 0.9.9 dan tengah bersiap-siap untuk merilis Mozilla 1.0. Microsoft masih belum mengeluarkan rilis apa-apa setelah versi 6.0, sedangkan KDE merilis versi paling baru, KDE 3.0.

Mei–Jun 2002

Babak baru pasar (atau perang?) browser secara resmi dimulai, setelah mozilla.org mengumumkan merilis Mozilla browser versi 1.0 final pada tanggal 10 Juni 2002. Sebelumnya di bulan Mei Mozilla berturut-turut merilis dulu tiga buah versi percobaan 1.0RC1 hingga RC3. RC2 juga dipakai oleh Netscape sebagai basis bagi browser preview mereka yaitu Netscape 7. AOL, yang juga pemilik Netscape, akhirnya memutuskan untuk memindahkan platform browser AOL 8.0 dan Compuserve 7.0 ke teknologi Mozilla, setelah di versi-versi sebelumnya memakai IE.

Semoga Bermanfaat

loading...
loading...