Masa depan internet akan mengarah ke Triple Player ? part 2

internet dan generasi gadget

Menyambung tulisan part 1 mengenai masa depan internet yang diprekdi akan mengarah ke triple player..

Bagaimana dengan perusahaan Apple ?……..

Tadinya mereka hanya berjualan Mac, kini merambah dunia music, dan sudah sejak lama meluncurkan Apple TV. Contoh lainnya, perusahaan Cisco, yang menjadi market leader di dunia Switching, mereka pulalah yang pertama kali mempopulerkan VoIP dan kini Telepresence, sebuah produk untuk konferensi dan meeting tatap muka jarak jauh.

Pada akhirnya baik Microsoft, Google, Apple, Cisco, Avaya, Alcatel, HP maupun Facebook, FourSquare akan menjadi trend setter dan diikuti oleh perusahaan-perusahaan enterprise, menengah maupun kecil untuk memanfaatkan teknologi internet dalam menyebarkan informasi perusahaan, produk terbaru, dsb . Diikuti dengan mengembangkan teknologi suara via jaringan PSTN, GSM, CDMA dan internet melalui IP-PBX yang dapat digunakan untuk Call Center maupun Unified Communication.

Unified Communication adalah bentuk komunikasi suara melalui perangkat lunak/software. Jadi bercakap-cakap melalui komputer dan laptop. Bahkan beberapa diantaranya dapat meninggalkan Voice Mail langsung ke alamat email dari orang yang bersangkutan. Untuk Video, besar kemungkinan akan digunakan untuk Video on demand seperti Video Demo Product, Video cara penggunaan dan perawatan suatu barang, Video tutorial untuk berbagai kebutuhan, dsb.

Menyikapi trend yang sedang berkembang ini mau tidak mau kita harus terus menerus belajar dan mengantisipasi perubahan teknologi. Yang pasti, jika dipelajari dengan seksama, internet dengan Triple Player-nya dapat menjadi sarana yang tepat untuk membuka peluang bisnis yang baru, mengembangkan ide-ide, melipatgandakan bisnis yang sudah berjalan, dan berbagai hal baru yang dapat dikembangkan. Jika sudah begini, betapa menariknya hidup kita di era digital ini.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sebuah adegan film Star Wars menampilkan karakter puteri Leia minta tolong yang diwakili oleh gambar dirinya dalam bentuk 3 dimensi. Tak dinyana, teknologi berjuluk 'telepresence' semacam ini sudah ada cikal bakalnya sekarang.

Para periset dari University of Arizona, Amerika Serikat, mengembangkan sistem holografis yang bisa merekam gambar 3 dimensi dalam keadaan bergerak di satu tempat, dan kemudian ditayangkan di lokasi lain dalam waktu hampir bersamaan.

Materi plastik pintar yang bisa update gambar holografis 3D setiap 2 detik adalah kunci teknologi ini. Profesor Nasser Peyghambarian selaku pemimpin penelitian mengatakan, meski masih terlihat lambat, gambar 3D yang diproduksi ukurannya sama dengan yang ada di film Star Wars.

Dalam demo yang dimuat di jurnal Nature, dipakai sebuah model pesawat terbang. Dalam sistem teknologi yang masih prototipe, 16 kamera dipakai untuk membidik subyek dalam sudut berbeda-beda.

Informasi itu dimasukkan ke komputer dan dikirim via internet ke lokasi berbeda. Kemudian, laser memproduksi gambar 3D pesawat tersebut di sebuah layar bernama photorefractive polymer screen. Jadilah pesawat yang ada di tempat lain tiba-tiba hadir dalam bentuk hologram.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Berikut tulisan bagian pertama ..Masa Depan…..part 1

loading...
loading...