Tips Mengetahui Kapan Modifikasi Key Registry Dilakukan

Mengubah dan menyiasati entry atau key dalam registry guna meningkatkan kinerja Komputer memang bisa dilakukan oleh semua orang. Detik ini, atau kapanpun, susunan registry Windows bisa Anda ubah-ubah. Namun yang menjadi masalah apakah Anda sudah mengetahui cara untuk melihat kapan salah satu key registry mengalami perubahan. Jika belaum, ada baiknya ikuti tips singkat berikut ini.

Dalam Windows Explorer, dengan mudah Anda bisa mengetahui kapan sebuah file diakses dan mengalami perubahan. Anda cukup mengklik kanan file-file tersebut lalu memilih “Properties”. Di sana Anda bisa mengetahui kapan file tersebut mengalami modifikasi. Namun cara ini tidak berlaku untuk mengetahui kapan sebuah key registry terakhir mengalami modifikasi. Untuk registry ada cara-cara khusus yang harus Anda ikuti.

 

Untuk mengetahui key “HKEY_USER | .DEFAUTL | Console” misalnya, maka pertama-tama Anda harus membuka program registry editor. Ketikan “Regedit” dalam kotak kosong di menu “Start | Run”. Selanjutnya, setelah program registry editor terbuka, buka key registry. Klik Key Registry yang Anda pilih lalu lakukan perintah ekspor. Klik saja menu “File | Export”. Gunakan format .txt dalam option “Save As Type” untuk file backup-nya ini. Namakan file tersebut sesuai keinginan Anda.

Setelah itu semua langkah tadi selesai Anda lakukan, tutup registry editor. Sekarang Anda buka Windows Explorer dan buka file .txt yang tadi telah Anda beri nama dan telah Anda simpan di hard disk. Dalam file tersebut Anda dapat melihat kapan key registry yang Anda pilih tersebut mengalami modifikasi. Lihat saja pada bagian “Last Write Time”. Informasi tanggalnya disediakan lengkap dengan waktu pengubahannya.

loading...
loading...