Menyiasati Power Schemes Windows Vista.

powman

Sebagian besar pengguna Computer atau portabel Laptop yang bersifat mobile telah terinstall Windows Vista dan dengan demikian menjadi penting untuk menyiasati dalam mempertahankan daya tahan batery sejauh dan selama mungkin. Untungnya, Windows Vista adalah hebat; karena didalamnya telah memiliki manajemen sumber daya manajemen Power Schemes. Berikut Tipsnya :

 

Power Schemes adalah kumpulan hardware dan sistem pengaturan yang membantu Anda untuk mengelola bagaimana menggunakan daya batery komputer. Power Schemes dapat membantu Anda menghemat energi batery, memaksimalkan performa sistem, atau mencapai keseimbangan antara keduanya. Windows Vista Power Schemes menawarkan tiga pilihan buat Anda yaitu : Balanced, Power Saver, and High Performance

 

  1. Balanced/Seimbang: pilihan ini ketika anda memilihnya maka penawaran penuh untuk performa sistem akan didapat dan menyimpan daya batery selama masa non-aktif.
  2. Power Saver: Menyimpan daya batery dengan mengurangi performa sistem. Pilihan ini dapat membantu pengguna komputer yang bersifat mobile yang paling untuk menyanggak daya tahan batery selama mungkin tanpa dilakukan pengisian ulang.
  3. High Performance : pilihan ini dapat memaksimalkan performa sistem dan kemampuan respon. Pengguna komputer yang bersifat mobile jarang menggunakannya karena daya batery tidak tahan lama.

Bila Anda memilih untuk menggunakan daya Balanced/Seimbang maka Anda mungkin menghadapi masalah karena kinerja komputer pada modus Balanced/Seimbang memberikan dampak pada performa komputer akan terkurangi ketika Anda melakukannya secara intensif untuk melakukan pekerjaan di kompueter sekalipun sederhana.

 

Logikanya apapun pilihan dari ketiga Power Schemes di atas tetap akan mempengaruhi kinerja perangkat komputer yang digunakan secara mobile. Sony TZ notebook menemukan bahwa perangkat komputer yang digunakan secara mobile pilihan pengaturan daya Balanced/Seimbang lebih baik dibandingkan dengan High Performance setting.


Berikut ini adalah beberapa tips yang mudah dapat membantu Anda menghemat daya baterai Anda:

  1. Memilih pilihan Power Schemes yang disesuaikan dengan rencana penggunaan perangkat kompuetr tersebut yang mampu menyimpan daya batery lebih lama dengan sedikit mengurangi kenyamanan faktor lainnya .
  2. Mengurangi kecerahan layar monitor. Layar monitor dalam menggunakan daya batery jauh lebih besar bila dibandingkan dengan hardware lainnya dari perangkat komputer; sebagai misal hard disk dan CPU. Meskipun banyak perangkat komputer yang dilengkapi dengan tombol untuk menyesuaikan kecerahan layar dan pengaturan lain, tetapi setiap komputer memiliki cara mengubah kecerahan layar monitor yang berbeda-beda ukurannya tergantung “selera kecerahan” dari penghasil produk tersebut. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Anda dapat menampilkan kecerahan yang cocok dengan Anda dan memeriksa informasi-informasi lainnya dapat Anda tanyakan kepada pusat layanan produk langganan Anda atau berkunjung ke Web Site-nya.
  3. Menyelesaikan pekerjaan dengan cara mobile tersebut memang benar-benar dalam kondisi darurat dan bukan dalam jangka waktu penyelesaiannya yang butuh waktu lama.
  4. Bila Anda tidak menggunakan perangkat Computer dalam waktu yang lama, Anda dapat menyiasati dengan menyimpan daya baetry dengan menonaktifkan layar monitor dalam beberapa waktu tidak ada aktivitas tersebut.

Seberapa sering permasalahan daya tahan batery ini Anda alami, perlu diketahui Windows Vista tidak mengeluarkan bunyi alarm ketika baterai mencapai tahap yang kritikal.

Anda perlu memastikannya terlebih dahulu sebagai berikut:


Open Control Panel >>>>> Sound >>>>>> Sounds >>>>> Ensure & Test Critical Battery Alarm. Klik OK.


Anda mungkin juga ingin mencoba freeware ini Battery Monitoring Utility Untuk Laptop.

 

Selamat Menikmati.

loading...
loading...