Mendengarkan Musik MP3 / CD di Komputer PC atau Laptop

Mendengarkan Musik MP3 / CD di Komputer PC atau Laptop

Mendengarkan musik di komputer baik di PC maupun di laptop notebook adalah sesuatu hal yang wajib bagi sebagian besar orang di dunia. Mungkin bagi anda yang baru pertama kali belajar komputer atau yang belum pernah mencoba-coba dapat mencoba langkah-langkah mudah dalam artikel ini untuk dapat memutar lagu di komputer anda.

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus anda penuhi sebelum dapat menjalankan musik di komputer anda :

1. Piranti / Perangkat Keras

Minimal harus ada speaker atau headphone yang nyantol di sound card komputer anda. Biasanya komputer windows dan linux sudah dilengkapi dengan soundcard yang menyatu dengan mainboard / motherboard.

2. Program Piranti / Perangkat Lunak

Di dalam windows atau linux harus anda pasang program atau software untuk memutar lagu. Biasanya di kedua jenis os baik windows maupun linux sudah ada software tersebut tinggal anda cari saja mana yang tepat. Atau bisa juga anda install atau pasang sendiri dengan program kesayangan anda seperti winamp, real one player, windows media center dan lain sebagainya.

Networking Bazar

Jangan lupa dengan driver untuk menjalankan sound card anda. Bila anda dapat atau pernah mendengar suara dari speaker atau earphone komputer anda berarti sound driver sudah terpasang dengan baik. Bila belum maka anda harus bekerja ekstra keras mencari sound driver di internet atau di toko cd dan kemudian menginstallnya di komputer pc atau laptop notebook anda.

3. File Lagu

Untuk dapat mendengar lagu dari artis kesayangan anda maka anda harus memiliki file lagu dari artis tersebut. Anda bisa mendapatkannya dari cd audio ataupun format-format lainnya seperti mp3, real media, midi dan lain sebagainya. Yang harus anda perhatikan adalah belilah produk lagu dari artis tersebut yang asli baik yang asli berbentuk kaset maupun cd sebelum membeli yang bajakan, karena jika semua orang membeli produk bajakan maka artis tersebut tidak akan mendapat uang dan akhirnya bangkrut tidak mau buat lagu atau album baru lagi.

4. Menjalankan Lagu di Kompiuter Anda

Jika semua telah terpasang maka yang perlu anda lakukan adalah memasukkan cd, flashdisk, external drive, dvd, cda, disket, dsb ke dalam komputer anda lalu klik dua kali file lagu yang anda ingin dengarkan. Nanti program pemutar musik akan muncul sendiri dan musik pun mengalun. Atau anda bisa mengkopi terlebih dahulu file lagu-lagu tersebut sebelum dijalankan agar di lain waktu anda tidak perlu repot memasukkan media file lagu sebelum menikmati lagu di komputer anda. Cukup mudah bukan???

loading...