Бронирование отелей на Hotellook

Tugu Khatulistiwa Kalimantan Barat

Tugu Khatulistiwa Kalimantan BaratTugu Khatulistiwa Kalimantan Barat di Pulau Kalimantan – Di Kota Pontianak Bagian utara tepatnya di Jalan Khatuliswa Kalimantan Barat di Pulau Kalimantan ini terdapat Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument. Lokasi berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak ke arah kota Mempawah.

Tugu Khatulistiwa di Pontianak Kalimantan Barat ini menjadi salah satu ikon wisata Kota Pontianak dan selalu ramai dikunjungi masyarakat, khususnya wisatawan yang datang ke Kota Pontianak. Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung, Disebutkan di sana bahwa pada tahun 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaan Belanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak ini.

Peristiwa penting dan menakjubkan di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu.

Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak Kalimantan Barat di Pulau Kalimantan yang menarik kedatangan wisatawan.

loading...
loading...