Бронирование отелей на Hotellook

Gunung Kinabalu Pulau Kalimantan

Gunung Kinabalu terletak di sebelah utara pulau Kalimantan

Gunung Kinabalu terletak di sebelah utara pulau Kalimantan, tepatnya di Taman Nasional Kinabalu, Sabah, Malaysia. Taman ini berjarak 90 km dari kota Kinabalu,dapat ditempuh dengan menggunakan minibus jurusan Kinabalu – Ranau turun di Taman Nasional Kinabalu.

Dijuluki sebagai "Puncak Borneo", Kinabalu merupakan gunung yang menjulang di atas dataran pantai barat laut Sabah dan berada di antara dua gunung "pengawal" yang mengapit, yakni Tambuyukon (2.576 meter) dan Trus Madi (2.597 meter).

Menurut penelitian, Kinabalu merupakan "gunung non-api" termuda di dunia yang telah terbentuk penuh. Gunung ini merupakan hasil intrusi granit yang terbentuk 15 juta tahun lalu oleh suatu bola raksasa yang mengeras dari batuan meleleh (pluton) yang tertekan di bawah batuan endapan kala Jajaran Croker. Oleh gerakan-gerakan tektonik sejuta tahun lalu, pluton tersebut kemudian terdesak ke atas guna menyusun badan gunung.

Pulau Kalimantan memang tidak seperti pulau-pulau besar lainnya di Indonesia yang banyak memiliki gunung berapi. Pegunungannya pun tidak menjulang tinggi seperti pegunungan di kawasan Indonesia lainnya. Meskipun begitu, ada satu gunung yang mempunyai puncak justru lebih tinggi dari gunung-gunung lainnya di Indonesia. Gunung Kinibalu namanya.

Tinggi Gunung Kinabalu dulu diduga lebih tinggi dari tinggi yang sekarang, yaitu antara lima hingga delapan kilometer (km). Tetapi kikisan yang terjadi selama jutaan tahun, menyebabkan tinggi Gunung Kinabalu sekarang hanya berkisar 4,094 meter dpl.

Reservasi Online

Pemesanan kamar Hotel di Sabah, Malaysia atau kota kota lainnya di Malaysia secara online dapat dilakukan melalui Agoda. Silahkan isi form di sidebar sebelah kanan search hotels  untuk mendapatkan penawaran diskon harga kamar termurah beserta cashback atau cek di sini untuk penawaran spesial lainnya!

Pemesanan Tiket Pesawat Online

Bagi Anda yang membutuhkan Tiket Pesawat Murah Ke Berbagai Kota di Pulau Kalimantan atau Kota Kota di Indonesia dan Malaysia lainnya dapat dilayani melalui form di bawah ini.

loading...
loading...