Sejarah Pengembangan php

Agu-Sep 1994—PHP 0
Rasmus Lerdorf, seorang programer Unix dan Perl, saat itu sedang mencari kerja. Ia menaruh resumenya di Web, dan membuat skrip makro Perl CGI untuk mengetahui siapa saja yang melihat resumenya. Skrip ini bekerja dengan cara membaca sebuah file HTML berisi makro/tag, mengganti tag-tag tersebut melalui regex, lalu mencetak hasilnya kembali. Tag ini berupa tanda # yang ditaruh di awal baris, di bagian bawah halaman, dan menandai instruksi untuk melakukan log dan mengirimi Rasmus email manakala halaman yang bersangkutan diakses.
Awal 1995—PHP 1 (Personal Home Page Tools)
Rasmus kini bekerja sebagai IT Consultant untuk mengembangkan sistem dial up di Universitas Toronto, Kanada. Rasmus, sebagai konsultan, mengajari belasan programer pemula untuk menggunakan PHP. Ia memilih PHP karena lebih mudah diajarkan ketimbang Perl. PHP akhirnya dipakai untuk membuat interface grafik berbasis Web.
Rasmus menulis ulang PHP dalam C untuk meningkatkan kecepatannya. Saat itu PHP 1 amat sederhana: berbasis makro, parsernya bekerja per baris, dan hanya mengenal sepuluh buah fungsi. Untuk kebutuhan proyek di Toronto, Rasmus juga mengembangkan Form Interpreter, tool untuk menanamkan SQL dalam halaman Web dan untuk memroses masukan dari form HTML.
Sep-Okt 1995—PHP 2.0
Kode PHP dan FI ditulis ulang dan digabungkan menjadi PHP/FI. Generasi kode berikutnya ini baru disebut PHP/FI versi 2.0 setengah tahun lebih kemudian, namun di akhir 1995 untuk pertama kalinya dirilis bagi publik secara gratis. Rasmus memilih untuk membagikan kode ini karena percaya, jika bermanfaat bagi dirinya, lalu bagi orang lain, pada akhirnya akan membawa manfaat kembali kepada dirinya.
Apr 1996
Rasmus menulis mod_php, modul untuk memroses skrip PHP langsung dari Apache. Pada saat ini belum ada mod_perl, Embperl, maupun rilis HTML::Mason, sehingga praktis mod_php menjadi salah satu pilihan utama bahasa skripting embedded di Apache.
Des 1996
PHP/FI untuk pertama kalinya mendukung MySQL. Database pertama yang didukung adalah mSQL. PHP versi 2.0 ini juga sudah mulai mendukung Windows 32 bit (95/NT).
PHP/FI dipakai di 15 ribu situs seluruh dunia.
Pertengahan 1997
Pemakai PHP/FI mencapai 50 ribu situs.
Okt 1997
Pengerjaan PHP3 dimulai setelah sumbangan parser dari Zeev dan Andi.
Jan 1998
Dukungan MySQL untuk Windows. Hingga saat ini, PHP telah mendukung lebih dari 7 database: mSQL, MySQL, Sybase, PostgreSQL, SQL Server (melalui library Sybase CT), Adabas, dan Oracle.
6 Jun 1998—PHP 3.0 (Professional Home Page)
Versi final PHP 3.0 dirilis setelah 7 bulan fase beta. PHP3, berbasis parser baru, memiliki kinerja yang lebih tinggi, berkemampuan object-oriented, syntax highlighting, array multidimensi, dan dapat diperluas melalui mekanisme extension. Dukungan database dan fiturnya pun jauh bertambah banyak. Secara umum, sebuah peningkatan drastis dari PHP/FI yang lebih merupakan proyek pribadi Rasmus. PHP3 adalah hasil kontribusi banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Kepanjangan PHP diubah dari Personal menjadi Professional Home Page.
Oya, for() baru ada di PHP3!
Des 1998
PHP/FI mulai disertakan di Red Hat Linux 6.0. (PHP3 sejak Red Hat 6.2 dan PHP4 sejak 7.0.)
phpbuilder.com online.
Mei 1999
Beta PHP4 dan Zend Engine 1.0 dirilis.
Jul 1999
Beta pertama PHP4.
Okt 1999
PHP melampaui FrontPage sebagai modul Apache terpopuler, dengan 219 ribu vs 194 rb host. (Berdasarkan survei oleh Security Space). Peringkat ketiga dan keempat diduduki oleh mod_perl dan mod_ssl.
Nov 1999
Menurut survei Netcraft, PHP dipakai di 1,1 juta domain dan 357 ribu alamat IP.
Zend Technologies, Ltd didirikan oleh Zeev dan Andi (Zend merupakan gabungan dari kedua nama pendirinya tersebut) dengan kucuran dana dari Shimon Eckhouse dan Moshe Mizrachi.
20–24 Jan 2000
Konferensi internasional PHP yang pertama, dilangsungkan di Tel Aviv.
Feb 2000
Walden Israel Ventures menanamkan modal $2,5jt di Zend, dengan valuasi perusahaan pada saat itu sebesar $13jt.
2 Mar 2000
Zend.com diluncurkan sebagai portal bagi komunitas PHP.
22 Mei 2000—PHP 4.0
Setelah setahun lebih dalam masa penggodokan, versi final PHP4 akhirnya dirilis oleh Zeev Suraski. PHP4 adalah sebuah penulisan ulang bahasa dan implementasi PHP. Kini PHP4 direfaktor ke dalam komponen-komponen berikut: engine Zend, yang melakukan kompilasi dan eksekusi; core PHP4, yang berisi fungsi dan regex builtin; SAPI, yang menjadi interface ke webserver; TSRM, sebagai manajer memori dan resource; serta modul extension, yang menyediakan mayoritas fitur-fitur PHP bagi pemakai. PHP4 juga lebih cepat, dilengkapi kemampuan manajemen sesi builtin, mendukung
Jun 2000—PHP 4.0.1
Highlight: set_error_handler() dan create_function().
Agu 2000—PHP 4.0.2
Highlight: modul pspell dan curl.
Okt 2000—PHP 4.0.3
Highlight: dukungan Sablotron, is_uploaded_file() untuk mengatasi lubang keamanan file upload PHP.
Nov 2000
Laporan dari Netcraft, pemakai PHP mencapai 762 ribu alamat IP dan 4,3 juta domain, yang berarti 35% dari total seluruh domain yang ditemukan Netcraft.
Des 2000—PHP 4.0.4
Highlight: versi perbaikan bug.
Apr 2001—PHP 4.0.5
Highlight: SAPI FastCGI dan dukungan untuk webserver Zeus
Jun 2001—PHP 4.0.6
Highlight: update domxml, mysql_unbuffered_query(), efisiensi penggunaan memori.
Dibandingkan versi awal PHP yang hanya memiliki kurang dari selusin fungsi, kini jumlah fungsi builtin di PHP telah mencapai 1300-an.
23-27 Jul 2001
Konferensi internasional resmi PHP pertama diadakan oleh O’Reilly di San Diego, California.
2 Agu 2001
PHP-GTK 0.1 dirilis. Berkat PHP-GTK, PHP kini dapat dipakai untuk pemrograman desktop. PHP-GTK adalah extension PHP yang menyediakan interface ke library GUI toolkit GTK+.
Sep 2001
Laporan Netcraft September 2001 untuk PHP: 6,6 juta domain, 979 ribu alamat IP.
8 Nov 2001
Zend Engine dirilis ulang dengan lisensi BSD. Sebelumnya, Zend Engine dirilis dengan lisensi QPL. Ini artinya, Zend Engine tidak dapat didistribusikan ulang terpisah dari PHP4. Dengan lisensi baru, maka kegunaan Zend Engine bagi pemakai bertambah, karena dapat dimodifikasi dan didistribusikan ulang lebih bebas.
(berbagai sumber)
loading...
loading...