Tips Menyiasati Format Digit Angka di Windows Explorer

Saat Anda membuka Windows Explorer di Windows XP dalam mode “detail”, Anda akan melihat susunan dan urutan file lengkap dengan ukurannya. Ukuran file-file tersebut, defaultnya memiliki tanda koma (,) untuk format penulisan angkanya. Pertanyaannya dapatkah tanda koma (,) tersebut dihilangkan.

 

Jawabannya tentu bisa. Anda tinggal mengubah format “Digit Grouping” untuk mengubahnya. Misalnya di dalam Windows Explorer ada sebuah file berukuran dua belas ribu kilobyte (KB), yang biasanya tertulis 12,000,000 KB akan menjadi 12000000 KB. Bagi sebagian pengguna, format penulisan angka seperti yang terakhir ini lebih menarik dibandingkan dengan adanya pemisah tanda koma (,).

 

Untuk menyiasatinya Anda harus membuka “Control panel” dari menu “Start”. Selanjutnya Anda double klik option “Regional and Language option”. Setelah itu, aktifkan tab “Regional Option” dan klik tombol “Customize”.

 

Anda dapat menyiasati pengubahan format digit pada bagian “Digit Grouping”. Dari menu dropdown, ubah format “123,456,789” menjadi “123456789”. Jika sudah, klik tombol “Apply” dan “OK”. Kemudian tutup window “Regional and Language Options”. Restart Windows Explorer dan buka kembali dengan mode “Details”. Lihat perubahan yang terjadi pada besaran angka yang tertulis dalam bagian “size”

loading...
loading...