Notebook sering Overheat

Sekalipun Notebook anda sudah terpasang teknologi baterai yang bagus dan mampu menghindari baterai terbakar akibat terlalu panas, namun overheat juga dapat dipicu oleh karena cara pemakaian notebook yang tidak tepat.

Salah satu kebiasaan yaitu saat menggunakan notebook yang diletakkan di atas permukaan yang empuk seperti : kasur, karpet, bantal atau bahkan di atas pangkuan. Kebiasaan ini tanpa disadari menghambat aliran angin dan pertukaran udara sehingga lama kelamaan notebook terasa panas.

Notebook juga bisa mengalami overheat karena disebabkan adanya kotoran dan debu yang menghambat sistem pendinganannya. Permukaan yang panas merupakan daya magnet bagi kotoran maupun debu menempel dan sangat mungkin tersedot ke bagian dalam notebook.

Cara pemakaian maupun perawatan yang tepat akan mampu mencegah Notebook tiba-tiba mati sesaat notebook dioperasionalkan atau saat mengoperasional software yang membutuhkan prosesor bekerja keras seperti movie players, tentunya akan mengganggu kenyamanan anda bekerja.

Langkah pencegahan yang praktis untuk menghindari overheat pada notebook :

  • Menggunakan Notebook di atas permukaan yang rata dan keras agar ventilasi udara dapat berjalan baik,
  • Sebaiknya membiasakan diri untuk membersihkan secara berkala kotoran dan debu yang menempel dilubang ventilasi di bagian bawah notebook

Namun apabila kedua hal ini sudah anda lakukan tetapi notebook anda masih sering overheat sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut pada layanan servis resmi langganan anda.

Anda berminat

loading...
loading...