Menganalisa Link error 404 dengan Google Webmaster

Dalam mengakses situs secara bebas yaitu Google webmaster satu hal yang sering diabaikan adalah bahwa situs ini menyediakan satu pelayanan gratis berupa alat diagnostik untuk link dimana alat ini memungkinkan Anda untuk menganalisa semua link di website atau blog Anda untuk mengetahui link dari halaman website atau blog Anda mengalami kesalahan error 404 not found.

Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk mengidentifikasi link tersebut dan membantu Anda dalam upaya optimasi mesin pencari. Dan Juga dengan menggunakan alat ini, Anda akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk menghubungi pemilik situs website atau blog yang telah salah dalam membuat link ke halaman website atau blog Anda. Mengapa anda tidak memanfaatkan alat ini ? Karena mesin pencari kemungkinan besar tidak mengarah pada halaman yang mengalami error 404 ini.


Ini sering terjadi ketika pemilik website atau blog lain tadi mengedit secara drastis dan mengubah nama file. Kadang-kadang ini terjadi dengan mengubah nama file yang tidak sengaja keluar dari karakter atau menambahkan karakter atau juga ia lupa nama baru yang diberikan terlihat sama tetapi sebetulnya berbeda. Akibatnya setiap orang yang akan berkunjung ke website atau blog anda mendapatkan website atau blog anda terlihat di web browser sebagai error 404.


Untuk mengetahui adanya link yang mengalami kesalahan 404, silahkan Anda masuk ke Dasbord Google Webmaster dengan ID dan Pasword Anda kemudian klik website atau blog yang Anda ingin memeriksanya. Setelah itu Klik pada "Diagnosa" kemudian klik pada "Web Carwl". Klik pada "URL yang tidak terjangkau" dan Anda akan melihat daftar link dimana mesin pencari tidak menjaring link.

Anda harus melihat serangkaian link yang mengatakan sesuatu seperti "halaman 2" atau "14 halaman". Mereka adalah jumlah halaman yang menghubungkan ke halaman kesalahan 404. Klik hyperlink dan Anda akan melihat halaman yang tepat menghubungkan ke halaman kesalahan. Mereka dapat terjadi baik di internal halaman di website atau blog Anda atau situs eksternal dan jika yang kedua yang terjadi maka Anda akan kehilangan back link yang berharga untuk website atau blog Anda.

Anda dapat mengunjungi website atau blog tersebut untuk mengkomunikasikan dengan pemiliknya dan mengirim e-mail ke pemilik agar mereka tahu bahwa ada kesalahan link yang menuju ke website atau blog Anda.

Disamping Google Webmaster di Internet juga banyak dijumpai situs-situs yang memberikan pelayanan yang dapat Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari secara online baik untuk kegiatan kantor maupun blogging. Berikut saya cantumkan 15 situs yang disajikan buat Anda.

  1. DailyLit - membaca buku-buku favorit Anda melalui email (pada PC, mobile, dll).
  2. FranceRadio - Search Engine MP3 yang sangat rapi dan yang memungkinkan Anda untuk mencari serta memainkan hasil Download MP3 favorit Anda. Layanannyanya GRATIS.
  3. Google SMS - menyediakan buat pengguna ponsel dengan akses super cepat (melalui SMS) ke berbagai informasi praktis yaitu listing bisnis (pizzerias, toko, dll), cuaca, listing film, konverter mata uang dan banyak lainnya.
  4. Flurry - menindaklanjuti email Anda (baik mengirim maupun menerima) dan dapat menerima artikel terbaru dari blog / website favorit Anda pada ponsel.
  5. GameJump – tersedia banyak permainan gratis untuk ponsel.
  6. Nutsie – dapat mengcopy iTunes library file Anda dan dapat juga membuat file secara online iTunes library Anda. Akses iTunes library dari PC atau ponsel.
  7. Qipit – sangat cepat dalam memformat file gambar dan file dokumen menjadi file PDF dengan benar. Menyimpannya secara online, email, atau faksimili langsung dari ponsel.
  8. Soonr – aplikasi yang berguna karena memungkinkan Anda mengakses PC Anda dari jauh dengan menggunakan ponsel Anda atau PC lainnya (kantor, sekolah, dll).
  9. ListenToaMovie - memungkinkan Anda 'mendengarkan salah satu film', yaitu streaming audio bagian dari berbagai film dan beberapa TV.
  10. Scribd - mencari, browsing, menilai, berbagi berbagai jenis dokumen (e-fakta, cerita, dll). Ini seperti Youtube untuk teks dokumen.
  11. DocSyncer - Sinkronisasi dokumen di kantor Anda dengan 'My Documents' folder Google Docs account.
  12. PDFHammer – Menggabung dan mengedit ulang dokumen PDF secara online.
  13. LetterMeLater - Menawarkan satu fitur berupa kemampuan untuk menjadwal kapan ketika email Anda harus dikirim'. Anda dapat menggunakannya langsung dari program email Anda (Gmail, Outlook, dll).
  14. WebMarkers - menambahkan opsi tambahan untuk Anda 'Cetak' menu yang memungkinkan Anda mencetak dokumen (atau halaman Web) langsung ke web.
  15. PPCalc - Comprehensive Paypal fees calculator.
loading...
loading...