Mengenal Blue Screen Of Death (BSOD)

notresp Pengguna sistem windows pasti sesekali pernah mengalami error ini, errors ini merupakan "The Fatal Exception", yang umumnya disebut "Blue Screen Of Death", atau disingkat BSOD. Meskipun secara besar-besaran BSOD diselesaikan dengan menggunakan beberapa perangkat lunak yang diinstall di komputer tetap saja error ini belum mampu teratasi secara tuntas.

Gambarang pengertian error BSOD secara sederhana yaitu ketika windows mendapatkan kondisi “crash” pada sistem operasi (misalnya "bug"), sistem halts. Kondisi ini disebut 'bug check'. Hal ini juga biasa disebut sebagai : a kernel error, a system fault, atau a Stop error dan bila error ini berlanjut menjadi kesalahan yang serius yang memaksa komputer berhenti bekerja, maka komputer akan menampilkan Blue Screen Of Death atau disebut BSOD.

Tidak seperti XP, dimana sistemnya pada intinya dapat diselesaikan secara manual, Dalam windows vista, kemampuan windows error reporting atau pelaporan kesalahan telah ditingkatkan & berjalan dengan lancar secara online dengan tindak lanjutnya yaitu melihat apakah telah ada solusi yang tersedia. Ini adalah proses yang “rutin” Dalam Vista, karena semua pelaporan ini dan tindak lanjutnya adalah proses “otomatis”.

Pernahkah Anda mengalami pesan hasil pelaporan online yang tertulis seperti ini dalam setiap kejadian error sebagai berikut :

"Microsoft Windows Operating System is not responding." And users are given two possibilities. They can either "Close the program" or "Wait for the program to respond."

Satu kali menunggu kita berharap bahwa masalah akan diselesaikan atau lain waktu akan terselesaikan tetapi persoalan BSOD masih tetap muncul dan berdampak pada rasa frustasi pada pengguna komputer dan windows. Pesan teks untuk setiap kondisi BSOD terdapat berbagai variasi penulisan sesuai dengan apa yang menyebabkan kesalahan tersebut, tetapi format standarnya tetap konsisten yang terdiri dari 3 bagian:

BAGIAN 1.

Symbolic error name : Ini adalah pesan kesalahan yang membuat Stop Error Operating System dan sesuai nomor kesalahan.
BAGIAN 2.

Troubleshooting recommendations : Teks ini berlaku untuk semua kondisi kesalahan yang membuat Stop Error Operating System.
BAGIAN 3.

Error number and parameters : Disisipkan juga “bug check” informasi. Teks didalmnya berupa kata STOP termasuk kesalahan nomor dalam notasi heksadesimal dan hingga empat parameter yang khas.


Secara umum, pengguna tidak terlalu banyak pilihan untuk semua jenis pemulihan BSOD. dan biasanya satu-satunya pilihan yaitu hanya pilihan untuk "reboot" komputer. Tetapi jika BSOD berlangsung, terdapat beberapa taktik yang dapat dipakai untuk memperbaiki sistem yang terdapat lebih dari 250 "dokuments" Code BSOD.

Ambil contoh, yang paling umum BSOD yaitu :


Bug code : 0xA - IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Ini adalah code BSOD yang umum terjadi ketika driver diakses. Ini merupakan kesalahan driver coding atau sejenisnya dalam mengakses lokasi memori yang tidak valid.

Parameters:

  1. memory location that was referenced
  2. IRQL at time of reference
  3. 0 == read, 1 == write
  4. code addressed which referenced memory
  5. Pemulihan / solusi: Tidak ada. Ini merupakan kesalahan fatal dan merupakan kesalahan coding driver.

Untuk itu bila terjadi error BSOD, jangan buru-buru komputer langsung restart. Cara ini dimaksudkan agar kita dapat membaca apa yang tertulis pada layar monitor. Mengetahui kode kesalahan, dapat membantu mengidentifikasi masalah dan menemukan solusinya.

Untuk menyiasati itu, Anda dapat melakukan pilihan yaitu menonaktifkan auto-restart komputer pada StartUp & System Recovery settings.

Berikut langkah-langkahnya untuk Menonaktifkan UAC.

Control Panel > System And Maintenance > System > Advanced System Settings > Advanced tab > Under Startup And Recovery > Click Settings > Clear the Automatically Restart check box > click OK. Enable UAC.

Untuk mengenal lebih jauh BSOD, Anda juga dapat men-download artikel “The Blue Screen Of Death (BSOD) Primer” dari sini file ini merupakan pentunjuk dasar yang diformat dalam bentuk pdf file.

Dan kalau Anda benar-benar ingin mempelajari Error BSOD secara serius, Anda dapat mengunjungi situs MicrosoftTechNet.

Dan jika Anda ingin memeriksa sendiri error BSOD pada Komputer dan Windows Anda silahkan berkunjung ke situs TechRupublic.

Sedangkan situs Aumha adalah situs yang sangat baik dalam memberikan solusi untuk erorr BSOD tersebut.

Anda juga bisa mendapatkan penyelesaian BSOD secara analisis otomatis di Microsoft® Online Crash Analysis. Jika Anda mengalami Blue Screen atau Stop Error ketika menggunakan Microsoft Windows. Anda dapat meng-upload laporan kesalahan tersebut ke situs ini untuk dianalisis kemudian Microsoft akan aktif menganalisa semua laporan kesalahan dan memprioritaskan berdasarkan jumlah pelanggan yang mengalami Stop error yang sama dan mencoba untuk menentukan penyebab Stop Error Anda berdasarkan laporan yang Anda kirim tersebut.

Selamat Menikmati

loading...
loading...