Memilih Drive untuk Virtual Memory

Memilih Drive untuk Virtual Memory
Pertama, cobalah untuk menghindari penggunaan pagefile pada drive yang sama dengan file sistem. Kedua, hindari penempatan pagefile pada drive yang fault-tolerant, seperti mirrored volume atau RAID-5 volume. Pagefile tidak butuh fault-tolerance, dan beberapa sistem fault-tolerance mempunyai kecepatan penulisan data yang rendah karena mereka menulis data ke beberapa lokasi. Ketiga, jangan tempatkan beberapa pagefile di partisi yang berbeda pada harddisk fisik yang sama.
 

 

Menyiasati Kinerja Program Background dan Foreground
  1. Buka System pada Control Panel.
  2. Pada tab Advanced, di bawah Performance, klik Settings.
  3. Pada tab Advanced, di bawah Processor scheduling, lakukan salah satu hal berikut:
  • Klik Program untuk memberikan lebih banyak resource processor ke program foreground dibanding program background.
  • Klik Background Services untuk membagi rata resource processor ke semua program.
Catatan:
  • Untuk membuka System, klik Start, klik Control Panel, dan kemudian klik ganda System.
  • Memilih Program akan mempercepat respon program foreground. Jika Anda menginginkan tugas background, misalnya Backup utility, untuk berjalan lebih cepat, pilih Background services.
  • Programs mengalokasikan bagian waktu (time slices) atau quanta yang lebih pendek dan bervariasi, sementara Background services mengalokasikan quanta yang panjang dan tetap.
Menyiasati Ukuran File Virtual Memory
  1. Buka System pada Control Panel.
  2. Pada tab Advanced, di bawah Performance, klik Settings.
  3. Pada tab Advanced, di bawah Virtual memory, klik Change.
  4. Di bawah Drive [Volume Label], klik drive yang berisi file paging yang ingin Anda ubah.
  5. Di bawah Paging file size for selected drive, klik Custom size, dan masukkan ukuran file paging yang baru dalam megabyte pada Initial size (MB) atau Maximum size (MB), dan kemudian klik Set.
Jika menurunkan ukuran initial atau maximum, Anda harus me-restart komputer untuk melihat efek perubahan tersebut. Pada waktu memperbesar biasanya tidak membutuhkan restart.
Catatan:
  • Supaya Windows memilih ukuran file paging yang terbaik, klik System managed size.
  • Untuk kinerja terbaik, jangan set initial size kurang dari ukuran minimum yang dianjurkan di bawah Total paging size for all drives. Ukuran yang dianjurkan adalah ekivalen dengan 1,5 kali RAM pada kompter. Biasanya, Anda harus membiarkan file paging pada ukuran yang dianjurkan, meskipun Anda dapat memperbesar ukurannya jika Anda sering menggunakan program yang membutuhkan banyak memory.
  • Untuk menghapus file paging, set initial size dan maximum size ke mol atau klik No paging file. Microsoft sangat menganjurkan bahwa Anda tidak mematikan atau menghapus paging file.
loading...
loading...