Menyiasati Pencarian Melalui Search Engine

Search engine atau mesin pencari merupakan sebuah web yang mampu mengindeks berbagai URL atau alamat web yang berada di dunia internet yang mempunyai database sangat besar tentang alamat berbagai URL lengkap dengan deskripsinya.

Search engine bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam menemukan apa yang dicari dalam dunia internet sesuai dengan apa yang diinginkan. Bisa dibayangkan, dalam hitungan detik dapat ditemukan ratusan ribu informasi yang diinginkan. Berbagai format file dapat dibaca oleh search engine, baik berupa teks, gambar, suara, video, presentasi, animasi maupun file asli.


Jutaan orang memanfaatkan mesin pencari secara bersamaan dalam waktu 24 jam non-stop setiap harinya. Hal inilah yang menyebabkan search engine sebagai fasilitas vital di internet. Ada banyak fasilitas search engine untuk mencari informasi yang dibutuhkan melalui internet, seperti :

  1. Google : www.google.com
  2. Yahoo! : www.yahoo.com
  3. Altavista : www.altavista.com
  4. Alltheweb : www.alltheweb.com
  5. Excite : www.excite.com
  6. Lycos : www.lycos.com

Trik Menyiasati Pencarian Melalui Google

Ada dua trik dasar dasar yang bisa kita pergunakan untuk menyiasati saat melakukan searching, yaitu :

  1. Menggunakan Simbol Matematika.
  2. Menggunakan Simbol Boolean.

Filterisasi dengan Simbol Matematika

Simbol pertama yang sangat berguna untuk pencarian dengan search engine adalah tanda plus (+). Kita dapat menggunakan tanda plus jika ingin mencari dokumen yang memuat lebih dari satu kata kunci. Contohnya, jika seorang pengajar atau peserta didik ingin mengetahui informasi mengenai populasi guru di propinsi Jawa timur, maka yang bersangkutan dapat mencarinya dengan menggunakan trik kata kunci: +populasi +guru +Jawa Timur

Saat menerima masukkan dengan format trik kata kunci semacam itu, mesin pencari akan mencari berbagai dokumen maupun artikel yang memuat kata populasi, guru, dan Jawa Timur di seluruh jaringan internet. Jika terdapat sebuah dokumen yang hanya mengandung salah satu atau salah dua dari ketiga kata tersebut, maka dokumen itu tidak akan ditampilkan.

Filterisasi dengan Simbol Boolean

Secara garis besar, beberapa simbol boolean yang penting, yang oleh beberapa kalangan dinilai sudah terlalu kuno dan ketinggalan jaman, sebenarnya sudah terwakili dengan simbol-simbol matematika seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kelebihan dari simbol boolean adalah simbol ini dapat mempresentasikan jenis pencarian yang tergolong kompleks karena memiliki simbol-simbol tambahan.

Sebagai contoh: raja OR presiden OR pemimpin OR dinasti

yang akan menampilkan daftar dokumen yang memiliki satu atau lebih kata raja, presiden, pemimpin, atau dinasti (termasuk kombinasi antara 2-4 kata-kata tersebut). Simbol berikutnya yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan tanda plus pada simbol matematika adalah AND, yang dapat diterjemahkan sebagai kata “dan” dalam bahasa Indonesia. Contoh penggunaan simbol ini adalah sebagai berikut:ilmu AND pengetahuan AND alam

Search engine yang menerima masukan seperti itu akan mencari seluruh dokumen di internet yang memuat tiga buah kata, yaitu ilmu, pengetahuan, dan alam di dalamnya. Jika di dalam model simbol matematika terdapat tanda minus (untuk merepresentasikan kecuali), maka dalam model simbol boolean terdapat kata NOT untuk merepresentasikan hal yang serupa. Sebuah perintah dalam metode simbol boolean yang tidak diketemukan padanannya dalam simbol matematika adalah NEAR. Fungsi perintah ini cukup unik. Untuk mendapatkan gambaran mengenai fungsi simbol ini, perhatikan contoh berikut : sekolah NEAR pasuruan

Perintah di atas akan menginstruksikan search engine untuk mencari dokumen yang mengandung kata sekolah dan pasuruan, dimana jarak (jumlah kata di antara kedua kata tersebut) berdekatan. Dengan kata lain, search engine akan mencari dokumen yang memuat kalimat seperti sebuah sekolah di Pasuruan berhasil mendapatkan dana bantuan dari PBB atau seorang siswa di Pasuruan ditemukan sedang adu balap..” atau “sekolah menengah kejuruan di pasuruan… karena jarak kata sekolah dan Yogyakarta pada kalimat-kalimat tersebut relatif berdekatan. Kriteria berdekatan untuk masing-masing search engine biasanya berbeda.

loading...
loading...