Istilah Web 2.0

Tambahan digit angka sering dihubungkan dengan dunia teknologi dan informasi, seperti dikenal adanya bahasa Visual basic 6.0, film Die hard 4.0 dan sekarang dikenal istilah Web 2.0. Istilah Web 2.0 mulai dikenal pada konferensi O’Reilly Media Web 2.0 pada tahun 2004, istilah ini diartikan sebagai versi baru dari World Wide Web (WWW) yang telah dikenal luas sejak era dot com.

 

Setelah istilah Web 2.0 mulai populer, maka barulah konsep website konvensional disebut dengan era web 1.0 yang dimaksudkan untuk mempermudah perbandingan. Tetapi berbeda dengan istilah pada lainnya dimana menambahkan digit untuk menunjukkan adanya fiture baru atau hal baru yang sangat bersifat teknikal, pada istilah Web 2.0 tidak merujuk pada hal-hal yang bersifat teknik tersebut.

 

Artinya, istilah Web 2.0 tidak menampilkan atau menunjukan adanya sebuah teknologi yang baru secara signifikan (walaupun beberapa web 2.0 ada juga yang menyertakan teknologi canggih), tetapi istilah web 2.0 ditujukan lebih merujuk pada sebuah konsep yang menyangkut cara development dan penggunaannya di dunia Internet.

 

Contoh-contoh Web 2.0 sebenarnya adalah website-website yang sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sering menggunakan internet dan barangkali salah satunya sudah Anda akses setiap hari, seperti Wikipediaa,e-Bay,Friendster dan masih banyak lagi.

 

Apakah keunikan website-website tersebut sehingga mereka menyandang gelar dan preddikat Web 2.0 ?. menurut definisi dari Tim O’Reilly yaitu bahwa Web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis pada industri komputer yang disebabkan oleh perpindahan Internet menjadi sebuah platform. Untuk memperjelas dan mempermudah pemahaman konsep Web 2.0 adalah dengan melihat contoh perbandingan antara website konvensional (web 1.0) dengan website yang telah termasuk kedalam web 2.0.

 

Pada era booming dot.com, sedemikian banyak orang yang membuat website pribadi sehingga halaman pertamanya rata-rata menuliskan “Welcome to My Personal Homepage” dan tidak lupa juga menambahkan fasilitas buku tamu dan web counter. Dengan perubahan kearah konsep Web 2.0, website-website pribadi itu menjelma menjadi Blog. Blog adalah web 2.0 sehingga Anda akan terlihat ketinggalan jaman ketika menanyakan kepada rekan Anda apakah ia memeiliki website pribadi, tetapi akan terliha modern dan gaul ketika Anda menanyakan apakah ia memiliki Blog.

 

Hal tersebut adalah sebuah revolusi yang jelas terlihat pada industri komputer saat ini. Secara teknis mungkin tidak ada hal yang benar-benar merupakan teknologi baru untuk membuat Blog, tetapi bila diperhatikan bahwa sebuah web yang menyediakan host services blog, seperti wordpress.com, blogspot.com dan lain sebagainya secara strategis telah menjadi sebuah platform untuk komunitas blogger dalam berkolaborasi.

loading...
loading...