Mengenal Istilah Dalam Dunia Internet

Sudah bukan barang baru, dan sudah bukan mainan orang-orang tertentu, melainkan sudah menjadi mainan anak-anak... bahwa koneksi internet dapat di nikmati oleh siapapun dimanapun dan kapanpun... bagaimana tidak pada jaman sekarang ini banyak anak-anak sekolah yang di bekali perangkat celuler, namun mungkin mereka tidak mengenal dengan baek kemampuan perangkat yang berada di genggamannya.

 

Kali ini lebih fokus pada beberapa istilah yang akan sering ditemukan didunia koneksi internet bila menjadi seorang pelanggan dari ISP (Internet Service Provider), antara lain dedicated, share, transfer rate, kbps/kBps, ADSL/SDSL, limited dan unlimited.

 

Dedicated

Semua orang pasti berangan-angan untuk mendapatkan BW (baca: Bandwidth) dedicated. Dedicated artinya bahwa sejumlah BW di alokasikan khusus untuk satu pelanggan saja. Misalnya seorang pelanggan berlangganan 64 kbps, maka sejumlah BW tersebut akan dipakai sendiri, pelanggan dapat mengatur jumlah PC yang akan di pergunakan dalam lingkungan LAN nya. Pengertian lain dedicated adalah setara dengan 1:1. Artinya, 1 BW (64 kbps) di pakai 1 pelanggan.

Share (Burst)

Share (berbagi), artinya sejumlah BW akan di pakai bersama-sama dengan pelanggan lain. Pemakaian ini akan mengikuti beberapa aturan, misalnya 1:2, 1:4, 1:8, 1:16 dan seterusnya tergantung paket yang dipilih ketika akan berlangganan. Jika memilih 256 Share 1:8, maka BW minimal yang akan didapat adalah 256:8=32 kbps, dan akan mendapatkan BW maksimal 256. Namun BW maksimal jarang sekali didapatkan, karena ketika semua pelanggan dalam kavling tersebut online secara bersamaan, maka masing-masing akan mendapatkan BW sebesar 32kbps. Lantas kapan seorang pelanggan akan mendapatkan BW maksimal ? yaitu ketika semua pelanggan yang se-kavling sedang tidak OL (baca: online).

Transfer Rate

Istilah ini dipakai untuk mengetahui jumlah kapasitas ketika sedang melakukan download/upload. Untuk mencari nilai Transfer Rate dari BW yang ada adalah :

Transfer Rate (kBps) = BW (kbps) : 8

Untuk mengujinya silahkan men-download file dari internet, dan perhatikan ketika proses download sedang berjalan. Kebanyakan browser seperti IE atau Mozilla Firefox akan mencantumkan nilai Transfer Rate.

kbps, kBps

Walaupun terlihat sepele, namun ternyata masih banyak orang yang belum dapat membedakan antara kbps dengan kBps.

kbps = kilo bit per secon, satuan ini menyatakan nilai BW yang anda miliki,

kBps = kilo Byte per secon, menyatakan nilai transfer rate.

URL berikut bisa dijadikan acuan untuk mengukur berapa nilai BW dan Transfer rate. Silakan test disini : http://www.speedtest.net/

ADSL, SDSL

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line), sebuah teknologi komunikasi data dengan kecepatan tinggi melalui saluran telekomunikasi. (http://en.wikipedia.org/wiki/ADSL).

Salah satu ISP yang menggunakan teknologi ini adalah Telkom dengan Telkomnet Instannya.

Sedangkan SDSL adalah Symetric DSL, biasanya ISP yang menggunakan jaringan FO (Fiber Optic) lebih banyak menggunakan teknologi ini.

Selain harganya murah ADSL memang tidak membutuhkan instalasi yang sulit seperti SDSL, karena anda cukup menggunakan saluran telepon untuk terhubung ke internet.

Satu hal yang sangat membedakan kedua teknologi ini adalah, nilai transfer rate masing-masing DSL. Karena symetric, SDSL tentunya memiliki keunggulan kualitas di banding ADSL, karena nilai transfer rate nya simetrik. Jadi misalkan seorang pelanggan memiliki BW 256 dedicated, maka akan memiliki transfer rate (DL/UL) 32 kBps. Namun jika  menggunakan ADSL, biasanya nilai DL lebih besar daripada UL. Silahkan buktikan melalui URL di ini.http://www.speedtest.net/

Limited, Unlimited

Jangan terkecoh dengan sebuah iklan bahwa sebuah paket Limited 1Gb dengan harga murah, lalu berkhayal akan mendapatkan BW sebesar 1Gb. Jika menemukan istilah seperti ini, artinya pemakaian akan dibatasi sesuai kapasitas data yang telah di transfer. Misalnya  memilih paket 1Gb, lalu mendownload sebuah file OS Linux 2 CD yang masing-masing besarnya 600mb, tentunya quota ini melebihi kapasitas yang ada, maka kelebihan quota tersebut harus dibayar.

Namun jika menjadi pelanggan dedicated atau share, itu artinya bebas mendownload/upload file sampai dengan kapasitas berapapun juga.

Satu hal yang perlu menjadi perhatian, ketika menjadi pelanggan sebuah ISP, cobalah untuk meminta trafik monitor (MRTG) untuk memastikan BW yang dijanjikan. Karena tidak semua ISP akan memberikan fasilitas ini. Namun walaupun pihak ISP tidak dapat memberikan MRTG, tetap dapat melihat berapa kapasitas BW melalui program downloader atau uploader.

loading...
loading...