Cara Instalasi MySQL Versi MySQL-3.23.32-win

Cara Instalasi MySQL Versi MySQL-3.23.32-win - Untuk bisa bekerja dengan software MySQl, tentunya software tersebut harus terinstal terlebih dahulu di komputer kita. Untuk mendapatkan software tersebut kita dapat download dari website resmi MySQL yaitu http://www.mysql.com  atau di http://84.113.22.230:8980/mysql/downloads_html/mysql-3.23.html. Di website tersebut ada beberapa software MySQL dari yang terlama sampai yang terbaru.

Dalam artikel ini kita akan menggunakan MySQL versi mysql-3.23.32-win. Setelah anda download, file tersebut harus di ekstrak supaya kita dapat menginstalnya. Setelah di ekstrak maka kita install dengan menekan file setup dua kali. Selanjutnya ikuti instruksi yang ada ketika instalasi.

Setelah kita berhasil menginstal software tersebut, maka untuk menjalankannya kita harus memulainya dari Dos-Prompt. Buka tampilan Dos-Prompt dari menu program pada tombol start. Jika kita meletakkan file instalasi mysql di direktori “c:\mysql” maka pada tampilan Dos-Prompt kita masuk ke directori tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Instalasi MySQL Versi MySQL-3.23.32-win

Dari gambar di atas, maka dapat dijelaskan bahwa :
Pada baris pertama yaitu c:\windows\cd\ . Dengan di tulisnya cd\ berarti kita pindah ke directori asal yaitu “c:\”. Ada juga sintak “cd..” yang berarti bahwa kita naik ke folder yang di atas folder sebelumnya.
Karena ketika kita menginstalnya di folder c:\mysql maka kita harus masuk ke mysql. Untuk mengkonfigurasinya maka kita harus masuk ke folder “bin” dengan menuliskan pada tampilan Dos-Prompt “c:\mysql\bin”

Agar modul mysql berjalan dengan baik dan dapat terakses dengan benar maka kita harus menjalankan mysqldump yang ada di folder bin dengan sintak mysqld~2, juga kita harus menjalankan mysql-opt dengan sintak mysqld~1. Agar bisa MySQL dapat berjalan dengan baik di mana software tersebut terjaga dengan diberi password dan password tersebut terestriksi dengan baik maka gunakan sintak :

Cara Instalasi MySQL Versi MySQL-3.23.32-win

Sintak mysqladmin reload merupakan perintah untuk mengaktifkan mysql dan agar user dan passwordnya dapat aktif dengan baik.
Sintak mysqladmin –u root password 12345 berarti nama user adalah root dan password-nya adalah 12345.

Hal ini sangat berguna ketika kita ingin menghubungkan sintak PHP dengan MySQL karena untuk menghubungkannya kita membutuhkan nama user yang memiliki database tertentu dengan password yang harus terproteksi supaya user lain tidak dapat melihat dan menggangu ini database yang telah ada.

Langkah selanjutnya adalah :

Cara Instalasi MySQL Versi MySQL-3.23.32-win

Untuk bisa masuk kedalam system MySQL maka kita harus menuliskan sintak : mysql –u root –p maka akan muncul kalimat enter password. Password yang kita masukkan adalah password yang sudah kita nyatakan pada sintak sebelumnya yaitu 12345. Jika telah nampak sintak :

mysql>
mysql>

maka kita telah masuk kedalan system database MySQL tersebut.

Software Bamboomedia IT-313 Koneksi PHP MySql Software

Bamboomedia IT-313 Koneksi PHP MySql Software
PHP adalah Bahasa Scripting paling populer di web saat ini. Sebagian besar website di dunia memakai bahasa ini (PHP). Database MySQL juga dikenal sebagai database yang cepat, ringan dan powerful. Pada CD belajar ini akan ditunjukkan bagaimana belajar PHP secara simpel dengan bantuan Dreamweaver dan menghubungkan aplikasi Web Anda dengan database MYSQL secara cepat, praktis, tanpa kerumitan melalui fasilitas tersembunyi di Dreamweaver.
Anda akan belajar dengan kasus dan contoh nyata, yaitu membuat website untuk jasa perjalanan wisata (tour dan travel) sederhana dengan fasilitas reservasi, halaman contact, halaman berita, daftar produk dinamis dan halaman administrasi untuk insert data edit/update, dan hapus data. Dengan teknis yang sama, Anda bisa membangun situs dinamis yang lain. Tersedia juga contoh file situs yang sudah jadi dan file bantuan lain seperti file desain yang masih kosong untuk belajar, panduan untuk bahasa PHP dan file-file lain
loading...
loading...