Бронирование отелей на Hotellook

Lowongan Kerja – Berkarya Untuk Propinsi Aceh (NAD)

Membangun Aceh bersama WELTHUNGERHILFE

Situs Welt WELTHUNGERHILFE merupakan organisasi non-profit dan non–pemerintah yang berasal dari Jerman yang memiliki pengalaman dalam penanggulangan keadaan darurat, rehabilitasi dan pendampingan dalam pengembangan. WELTHUNGERHILFE menerapkan proyek di Propinsi Aceh dan akan me-rekrut staf baru untuk bergabung dalam tim yang berada di Kabupaten Simeulue dengan posisi:

Junior Agri-Market Officer

Tanggung Jawab:

Melakukan serangkaian kegiatan teknis pendampingan daerah–daerah yang saat ini menjadi sector pertanian dan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) di proyek area Welthungerhilfe pulau Simeulue; Khususnya:

  1. Penguatan pendampingan (mentoring) kepada kelompok tani tentang arahan pengembangan komoditi unggulan berpersfektif pasar kepada kelompok tani, seperti presentasi rutin tentang seputar jenis usaha komoditi pertanian menguntung kepada setiap kelompok tani;
  2. Penguatan pengembangan UKM melalui kegiatan pendampingan (mentoring) menajemen adminitrasi dan bisnis umum kepada pelaku-pelaku UKM, perkembangan atas bantuan material yang diberikan Welthungerhilfe kepada kelompok UKM, penguatan kapasitas kelompok menjadi kelompok berkembang sesuai kriteria yang ditetapkan oleh Welthungerhilfe;
  3. Melakukan kegiatan teknis partisipatif kepada kelompok pertanian dalam proses penyelesaian masalah–masalah pemasaran hasil pertanian dan UKM;
  4. Melakukan kegiatan kampanye penguatan kesadaran masyarakat dalam pengembangan produk-produk pertanian unggulan (tani) dan usaha kecil (UKM) yang memenuhi kebutuhan pasar lokal dan pasar luar Simeulue;
  5. Mendampingi pengembangan unit usaha minyak daun cengkeh (pendampingan mentoring) manajemen kerapian adminitrasi usaha, kerjasama kelompok, kualitas dan kuantitas produksi minyak atsiri cengkeh serta bimbingan pemasaran hasil;
  6. Memberikan masukan teknis dalam penanaman padi dan produksi tanaman pangan kepada petani;
  7. Menjadi fasilitator dalam pertemuan dan memberikan masukan dalam merancang pelatihan yang terkait dengan pertanian;
  8. Mengidentifikasi kebutuhan material dalam proses sekolah lapang dan petak percontohan, dll.;
  9. Memberi masukan dalam mengidentifikasi penyedia barang, alat;
  10. Memberi masukan dalam pembuatan panduan dan petunjuk teknis
  11. untuk petani;

  12. Memonitor perkembangan kegiatan lapangan yang dilakukan oleh konsultan agar pencapaian target kualitas dan kunatitas pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan.
    • Berkerjasama dengan tim mata pencaharian Welthungerhilfe khususnya Agriculture Officer dan Junior Agriculture Officer dalam pendampingan kelompok tani dibidang pengembangan masyarakat pada fokus komoditi padi, jagung, cengkeh, cabe, kakao dan palawija;
    • Mengkonsep setiap Term of Reference kegiatan yang dipergunakan sebagai panduan teknis bagi serangkaian kegiatan yang terdapat dalam rencana kerja Welthungerhilfe khususnya bidang pemasaran;
    • Membuat kegiatan penguatan kapasitas (mentoring) kepada Assistant Field Officer yang berhubungan dengan peningkatan kapasitas pendampingan kelompok bidang agribisnis dan pemasaran umum;
    • Mengembangkan dan menjaga hubungan dekat dengan organisasi–organisasi masyarakat di desa proyek seperti kelompok tani, kelompok UKM, Kepala Desa, Camat dan Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Dinas terkait lainnnya.

Kualifikasi:

  • S1 dibidang Sosek Pertanian, Agribisnis, Ekonomi, bidang terkait;
  • Mempunyai pengalaman bekerja di NGO maupu perusahaan agribisnis / program pengembangan pertanian di pedesaan / pengalaman bekerja di lapangan atau pengalaman kerja yang terkait; terbiasa dengan perencanaan proyek; proyek manajemen masyarakat;
  • Mampu bekerja dalam sebuah tim dan mandiri, mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, mampu menganalisa dan memecahkan masalah, mampu berdiplomasi, mampu menuliskan laporan, peka terhadap masalah–masalah yang ada di masyarakat;
  • Pekerja keras, mampu memotivasi ,dan mengembangkan kemampuan lainnya, memperhatikan hal–hal bersifat detail dan memiliki rasa humor yang baik;
  • Mampu dan bersedia untuk tinggal di daerah terpencil dengan standard hidup yang sangat terbatas;
  • Bahasa Indonesia, dan bisa bahasa Inggris akan menjadi aset (tulisan dan berbicara dengan baik);
  • Ahli dalam menggunakan MS Office (Excel dan MS Word).

Junior Agriculture Officer

Tanggung Jawab:

  1. Mengidentifikasi masalah–masalah dan potensi di area proyek yang menjadi sector pertanian, perkebunan dan peternakan untuk penerapan strategi bersama Livelihood Agriculture Officer;
  2. Mengembangkan dan menjaga hubungan dekat dengan organisasi–organisasi masyarakat di desa proyek;
  3. Berkoordinasi dengan tim mata pencaharian Welthungerhilfe dan organisasi masyarakat setempat untuk mengidentifikasi lokasi model plot / kebun / tempat pembbitan;
  4. Mendampingi petani setempat dalam penanaman plot, pengamatan lapangan, analisa tanaman serta dalam pemecahan masalah;
  5. Mendata perkembangan proyek, membuat catatan penanaman model plot yang berbeda / kebun sayuran, padi sawah, tempat pembibitan dan peternakan
  6. Mendampingi proyek mata pencaharian Welthungerhilfe dan memberikan masukan–masukan tekhnis:
  7. Mendampingi dalam penguatan kelompok tani.

Kualifikasi:

  • S1 dibidang Budidaya Pertanian atau disiplin yang terkait;
  • Mempunyai pengalaman kerja minimal 5 tahun di NGO dan program pengembangan masyarakat pedesaan, terbiasa dengan perencanaan proyek manajemen masyarakat;
  • Mampu bekerja dalam sebuah tim dan mandiri , mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik, mampu menganalisa dan memecahkan masalah, mampu berdiplomasi ,mampu menuliskan laporan, peka terhadap masalah–masalah yang ada di masyarakat;
  • Pekerja keras, mampu memotivasi ,dan mengembangkan kemampuan lainnya, memperhatikan hal–hal bersifat detail dan memiliki rasa humor yang baik;
  • Mampu dan bersedia untuk tinggal di daerah terpencil dengan standard hidup yang sangat terbatas;
  • Bahasa Indonesia, dan bisa bahasa Inggris akan menjadi aset (tulisan dan berbicara dengan baik);
  • Ahli dalam menggunakan MS Office (Excel dan MS Word).

Finance Officer

  1. Administers bank accounts and ensures the maintenance of appropriate cash and bank accounting systems (cash, bank, receivables, payables, inventories) ;
  2. Follows up receivables which are under the direct responsibility of the Finance Officer;
  3. Keeps daily cash and bank records in Winpaccs Cash Books/Bank Books, maintains the electronical files, exports the data on an agreed time schedule and makes the data available for the Accountant for further processing;
  4. Keeps track of the bank balances and prepares, when necessary, the draft fund request to Bonn and hands it over to the Project Administrator and/or Head of Project;
  5. Makes a pre-budgeting of expenditures on the vouchers and in the cash-/bank books according to the different project budgets and introductions of the Project Administrator;
  6. Implements a complete financial administrative system according to Welthungerhilfe standards;
  7. Ensures that all staff is paid in time according to a correct payroll, which is prepared by the Accountant and other assignments in accordance to the respective Head of Project;
  8. Ensures the availability of duty travel approval and travel reports (national and international staff);
  9. Ensures that payments are only done after all required documents are available (Welthungerhilfe standards and procedures);
  10. Maintains the filing system for financial records (using Indexes and List of Files);
  11. Trains staff and sub-ordinates in financial and administrative records and procedures and keep them updated on all changes / new introductions;
  12. Prepares financial reports as required by Head of Project, Administrator or Office Manager;
  13. Ensures the strict separation between the projects which are the responsibility of the Finance Officer.

Qualification:

  • Education: Cashier or Accounting Diploma or equivalent, or substantial field experience in financial administration or relevant work experience;
  • Working experience: Working experience in a financial/administr ative position;
  • Computer competence in Microsoft Office;
  • Special skills: Ability to work as part of a team, adaptable & resourceful, good communication skills, methodical and disciplined approach to work, analytical and problem solving skills, numeric skills, diplomacy, report writing skills;
  • Personality requirements: Hard working, ability to motivate and develop skills of others, attentive to detail, co-operative, good humour;
  • Language skills: Bahasa Indonesia, English (written & spoken;)
  • Acehnese (recommended)

Harap cantumkan di depan surat lamaran anda ( disebutkan posisi yang anda lamar ) dan daftar riwayat hidup beserta tiga buah referensi.

Batas akhir lamaran: 4 Januari 2009. Hanya pelamar yang memenuhi syarat akan dipanggil untuk wawancarai.

Harap lamaran Anda ditujukan kepada:

Welthungerhilfe

Jl. Teungku Chik No.10

Beurawe Banda Aceh

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia

loading...
loading...